https://jatim.times.co.id/
Berita

Kartu Disabilitas, Layanan bagi Pelanggan Inklusi KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya

Jumat, 14 Maret 2025 - 22:16
Kartu Disabilitas, Layanan bagi Pelanggan Inklusi KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya Grand Launching Kartu Disabilitas untuk pelanggan KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya, Jumat (14/3/2025). (Foto: Dok. KAI Daop 8)

TIMES JATIM, SURABAYAKAI Commuter terus berinovasi dalam meningkatkan layanannya, mendukung gerakan inklusi disabilitas dengan menghadirkan "Kartu Disabilitas" di seluruh wilayah operasionalnya, termasuk di Wilayah 8 Surabaya.

Keberadaan Kartu Disabilitas mencerminkan kenyataan bahwa, kartu ini sekaligus berfungsi sebagai kartu identitas multifungsi yang dapat digunakan sebagai identitas penyandang disabilitas. Sebelumnya, kartu ini resmi diluncurkan pertama kali pada 14 Februari 2025 di Jakarta. 

Diikuti oleh seluruh wilayah operasional lainnya seperti Wilayah 6 Yogyakarta, Wilayah 2 Bandung, dan hari ini di Wilayah 8 Surabaya. Dengan peluncuran Kartu Disabilitas di Wilayah 8 Surabaya, layanan khusus untuk pengguna dengan disabilitas kini dapat dinikmati di seluruh wilayah layanan operasional KAI Commuter.

Dalam acara peluncuran dan sosialisasi Kartu Disabilitas ini, Direktur Utama KAI Commuter  Asdo Artriviyanto menyampaikan bahwa penambahan layanan ini merupakan konsistensi KAI Commuter dalam meningkatkan layanan kepada pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya, khususnya pengguna dengan disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.

“Dengan adanya masukan dan saran terkait banyaknya penyandang disabilitas pengguna Commuter Line yang tidak mendapatkan prioritas karena kesulitan mengomunikasikan kondisi mereka kepada penumpang lain dan tidak terlihat secara fisik, maka KAI Commuter menghadirkan Kartu Disabilitas ini,” kata Asdo, Jumat (14/3/2025). 

Asdo juga menambahkan bahwa peningkatan layanan ini juga sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang Penyandang Disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.

Pengguna disabilitas dapat memperoleh Kartu Disabilitas dengan mendaftar secara online melalui tautan https://shorturl.at/YSm6d.

Setelah proses verifikasi, petugas akan menghubungi pengguna untuk proses pengambilan Kartu Disabilitas di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Blitar, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Lamongan.

Sebelumnya, KAI Commuter juga telah meluncurkan layanan khusus disabilitas melalui nomor 081296605747 yang sudah ada sejak akhir tahun 2019. Dengan menghubungi nomor tersebut, pengguna dengan disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan Commuter Line.

“KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk peduli dengan memberikan kursinya kepada pengguna berkebutuhan khusus, seperti disabilitas dan penumpang prioritas lainnya,” tutup Asdo.

Tercatat, sepanjang tahun 2024 lalu, sebanyak 883 pengguna disabilitas memanfaatkan fasilitas tersebut. Angka tersebut meningkat 19% dibandingkan tahun 2023, yang tercatat sebanyak 741 pengguna. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.