Berita

Pj Bupati Jombang Ingatkan Pentingnya Kode Etik Jurnalistik Bagi Wartawan

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:26
Pj Bupati Jombang Ingatkan Pentingnya Kode Etik Jurnalistik Bagi Wartawan Pj Bupati Jombang Sugiat saat menyampaikan sambupat pada acara pelantikan Pengurus PWI Jombang dan Hari Ulang Tahun Radio Suara Jombang ke 21 di halaman Graha Media Jombang, Kamis (22/2/2024). (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANGPj Bupati Jombang, Sugiat mengingatkan pentingnya Kode Etik Jurnalitik bagi wartawan dalam menjalankan tugas peliputan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Sugiat saat sambutan dalam acara pelantikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jombang periode 2024-2027 di halaman Graha Media Jombang yang terletak di Jl. Wahid Hasyim Jombang, Kamis (22/2/2024). 

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh hidmah tersebut, orang nomor satu di kota santri itu menegaskan pentingnya integritas, kejujuran, dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip jurnalistik yang baik.

“Saya ini juga lulusan sarjana jurusan Jurnalistik, jadi tahu persis tugas sebagai seorang wartawan. Meskipun saya tidak pernah tergabung dalam PWI. Betapa pentingnya seorang wartawan berpegang teguh pada kode etik jurnalistik,” ungkap Sugiat saat memberikan sambutan.

Menurutnya, selain menjaga kode etik jurnalistik, wartawan juga memiliki peran yang penting sebagai pilar demokrasi dan kontrol sosial dalam pemerintahan. 

“Selain itu, membangun kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan pers dalam memberitakan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat,” ujarnya.

Sugiat juga mengingatkan para wartawan untuk selalu menjunjung tinggi pedoman kode etik jurnalistik dalam setiap liputan dan pemberitaan. Hal ini mencakup aspek-aspek seperti keakuratan informasi, keseimbangan, keberimbangan, serta menghindari konflik kepentingan dan sensationalisme.

“Pekerjaan wartawan ini sangat mulia. Pemberitaannya selalu ditunggu oleh masyarakat. Maka tak jarang jika wartawan tidak bekerja maka masyarakat akan kehilangan informasi,” paparnya.

Selain itu, orang yang pernah menjabat di Badan Itelijen Negaran (BIN) menekankan pentingnya menjaga independensi dan objektivitas dalam melaksanakan tugas jurnalistik. 

“Wartawan harus bersikap netral dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik atau golongan tertentu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” tegasnya.

Sugiat juga menyatakan komitmennya untuk terus mendukung profesionalisme wartawan di Jombang. Ia menjanjikan bahwa pemerintah daerah akan terbuka untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh wartawan, serta memfasilitasi kegiatan wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistik dengan baik.

Pihaknya berharap PWI Jombang menguatkan komitmennya untuk terus mengadvokasi hak-hak wartawan, menjaga kebebasan pers, dan memperjuangkan kesejahteraan wartawan di Jombang. 

“Semoga dengan telah dilantikanya pengurus baru, para wartawan di Jombang mampu menjadi garda terdepan dalam melindungi kepentingan wartawan dan memajukan dunia jurnalistik di daerah,” harapnya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.