Berita

Wujudkan Pemilu 2024 Damai Berintegritas, Bawaslu Pacitan: Ayo Awasi Bersama

Selasa, 13 Februari 2024 - 09:19
Wujudkan Pemilu 2024 Damai Berintegritas, Bawaslu Pacitan: Ayo Awasi Bersama Flyer ajakan Bawaslu Pacitan kepada masyarakat untuk ikut awasi Pemilu 2024 (Foto: Dok. Bawaslu Pacitan)

TIMES JATIM, PACITAN – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pacitan (Bawaslu Pacitan), Jawa Timur mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan selama proses Pemilu 2024, Rabu 14 Februari 2024 esok.

Ajakan tersebut disampaikan Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Pacitan, Agus Hariyanto saat ditemui di ruang kerjanya. Menurut dia, peran serta masyarakat sangat penting guna mewujudkan pemilu damai dan berintegritas.

"Peran serta masyarakat ini sangat penting dalam proses Pemilu 2024 yang pencoblosannya akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Maka dari itu kami Bawaslu Pacitan mengajak masyarakat, ayo awasi bersama," katanya, Selasa (13/2/2024).

Untuk menuju Pemilu 2024 yang berintegritas, Agus menambahkan, pihaknya memerlukan peran serta masyarakat yang ada di 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan. Ini demi melakukan pencegahan, maupun melaporkan ke Bawaslu Pacitan segala bentuk dugaan pelanggaran.

"Prinsipnya cegah, awasi dan laporkan ke Bawaslu Pacitan segala bentuk dugaan pelanggaran Pemilu. Dan kami tegaskan semua bentuk laporan pasti kami tindak lanjuti sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku," tegasnya.

Bentuk dugaan yang dimaksud, salah satunya siapapun peserta pemilu maupun oknum masyarakat dengan sengaja memberikan atau menjanjikan uang atau materi lainnya agar memilih atau tidak memilih kepada salah satu pemilu.

"Yang jelas siapapun itu jika memberikan maupun menjanjikan uang atau materi lainnya agar masyarakat memilih atau tidak memilih kepada peserta pemilu serta melakukan kampanye di masa tenang, itu dilarang oleh undang-undang pemilu," ucapnya.

Maka dari itu, Agus mewakili Bawaslu Pacitan, mengajak dan sangat berharap peran serta masyarakat di Pemilu 2024 ini dapat meningkat sesuai jargon 'Bersama Masyarakat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu'. (d)

Pewarta : Rojihan
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.