https://jatim.times.co.id/
Berita

Trafo Listrik Meledak di Merjosari, PLN Malang Ungkap Penyebabnya

Kamis, 25 April 2024 - 16:53
Trafo Listrik Meledak di Merjosari, PLN Malang Ungkap Penyebabnya Trafo listrik meledak di Merjosari, Kota Malang. (Foto: Tangkapan Layar)

TIMES JATIM, MALANG – PLN Malang membeberkan kronologi dan penyebab trafo listrik di kawasan Merjosari, Kota Malang meledak hingga menyemburkan percikan api.

Asman Jar UP3 Malang, Vandy mengatakan, saat mengetahui laporan masuk terkait ledakan trafo pada Pukul 19.53 WIB, pihaknya langsung mendatangi lokasi untuk melakukan perbaikan.

"Kita melakukan pengecekan dan mencari penyebab sekaligus perbaikan. Sekitar dua sampai tiga jam perbaikan selesai dan trafo menyala normal," ujar Vandy, Kamis (25/4/2024).

Untuk penyebabnya, lanjut Vandy, ada hubungan singkat antar kabel yang disebabkan faktor eksternal, seperti cuaca. Hal itu membuat trafo meledak dan memercikan api.

"Ada hubungan singkat antar kabel yang biasanya disebabkan faktor eksternal seperti cuaca," ungkapnya.

Ia menyebut, pihak UP3 Malang selalu melakukan pengecekan berkala, setidaknya sekali dalam satu semester.

"Kami selalu melakukan inspeksi pengecekan setiap peralatan. Kurang lebih, sekali per semester kita ada inspeksi ke setiap peralatan," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, trafo listrik milik PLN di kawasan Merjosari, Kota Malang tiba-tiba meledak dan membuat panik warga sekitar. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (23/4/2024) lalu.

Salah satu saksi, Ariesta mengaku sebelum adanya ledakan, rumah sekitar termasuk miliknya tiba tiba padam namun berkedip.

Setelah itu, trafo listrik pun langsung meledak ledak dan memercikan api hingga membuat warga sekitar panik.

Tim UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang juga sempat mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan dan edukasi ke masyarakat sekitar. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.