https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Terus Cetak Prestasi, SMP Al Irsyad Banyuwangi Sekolahnya Para Juara

Senin, 07 Oktober 2024 - 15:41
Terus Cetak Prestasi, SMP Al Irsyad Banyuwangi Sekolahnya Para Juara Dokumentasi guru dan siswa saat penyerahan piala di Halaman Sekolah SMP Al Irsyad. (Foto : Ikromil Aufa/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGISMP Al Irsyad Banyuwangi kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah pendidikan nasional. Sekolah yang dikenal dengan taglinenya "Sekolahnya Para Juara" ini berhasil mencetak sejumlah prestasi yang membanggakan, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Salah satu prestasi terbaru diraih oleh siswa SMP Al Irsyad yang berhasil meraih juara dalam ajang Indonesian Science Championship (ISC) 2024. Pada ajang tersebut peserta didik SMP Al Irsyad meraih 20 medali juara.

Sebanyak 20 medali juara berhasil diraih dari mata pelajaran (Mapel) Bahasa Inggris 2 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu. Mapel Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) 1 medali emas. Mapel Ilmu Pendidikan Alam (IPA) 2 medali emas, 1 medali perak, 2 medali perunggu. Mapel Bahasa Arab 1 medali emas. Mapel Bahasa Indonesia 1 emas, 2 medali perunggu. Mapel Matematika 1 medali emas. Mapel Informatika 1 medali perunggu.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian ini. Kerja keras, dedikasi, dan semangat belajar yang tinggi dari para siswa serta dukungan penuh dari guru-guru dan orang tua menjadi kunci keberhasilan ini,” ujar wakil kepala bidang bina prestasi, Mohammad Nayief, Senin, (07/10/2024).

Prestasi para siswa ini tidak lepas dari peran serta guru-guru yang selalu memberikan bimbingan dan motivasi. Pihak sekolah selalu memotivasi peserta didik untuk memacu kompetisi dalam mengikuti event-event perlombaan yang diselenggarakan.

SMP-Al-Irsyad-a.jpgMohammad Nayief, Wakil Kepala Bidang Bina Prestasi, menunjukkan salah satu piala yang diraih siswanya. (Foto : Ikromil Aufa/TIMES Indonesia)

“Motivasi yang kami sampaikan ke anak-anak di setiap kegiatan bukan untuk serta-merta meraih medali atau tropinya. Tetapi motivasi itu bagaimana mereka berani ikut berkompetisi mengasah kemampuan mereka,” katanya.

Keberanian, masih Nayief sapaan akrabnya, tampil di depan dan ikut berkompetisi kalaupun mendapat juara, itu hanyalah bonus semata. Namun, ketika sudah berani ikut berkompetisi itu adalah prestasi yang sesungguhnya.

Menurut Guru Pendidikan Agama Islam itu, peserta didik SMP yang terletak di Jalan Basuki Rahmat No.79, Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, itu memang rutin mengikuti kegiatan perlombaan dari tingkat kabupaten hingga tingkat nasional. 

“Semua ajang perlombaan kita ikuti semua, yang terbaru per hari ini ada 70 siswa kami yang sudah mendaftar untuk ikut ajang Stikes Science Olimpiad yang diselenggarakan oleh Global Youth and Peace Education (GYPEM) di STIKES Banyuwangi pada tanggal 20 Oktober hingga 10 November mendatang,” cetusnya.

Dengan berbagai prestasi yang telah diraih, SMP Al Irsyad terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik dan mendukung pengembangan potensi siswa. Sekolah ini memberikan pendampingan dan pembinaan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didiknya.

“Yang perlu diketahui, setiap anak punya prestasinya masing-masing. Ada yang tidak pernah mendapatkan juara dalam perlombaan tetapi akhlak dan karakternya bagus itu sudah prestasi yang sangat luar biasa. Karena, prinsip kami dalam mengartikan prestasi adalah prestasi dalam arti yang luas,” tuturnya.

“Sekolah kami akan terus mendorong siswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuan mereka. Kami percaya, dengan pendidikan yang baik dan dukungan yang tepat, setiap siswa bisa meraih prestasi gemilang,” tutup pria berumur 40 tahun itu. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.