https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Mengenal Profil dan Visi Misi Prof Widodo Rektor UB 2022-2027

Minggu, 22 Mei 2022 - 22:20
Mengenal Profil dan Visi Misi Prof Widodo Rektor UB 2022-2027 Rektor Universitas Brawijaya periode 2022-2027 Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.,Med.Sc. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANGProf. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.,Med.Sc ditunjuk oleh Majelis Wali Amanat (MWA) sebagai Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027 pada Sabtu (21/5/2022). Pria berkacamata itu terpilih secara musyawarah mufakat.

Widodo dikenal sebagai akademisi berprestasi dengan segudang penelitian dan hasil pengabdian masyarakat. Segmen penelitian lebih banyak fokus pada biologi kanker.

Saat terpilih sebagai Rektor, dia menjabat sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya.

Prof. Widodo juga pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Biologi, KKJF Penelitian LPPM UB, Kepala LSIH UB, Anggota Tim PPKID.

Beberapa penghargaan yang pernah diraihnya, antara lain Best Original Paper Award (2007), Young Investigator Award (2007), Young Scientist RISTEK-Kalbe (2012), serta Dosen Berprestasi UB (2015).

Widodo menempuh studi program sarjana di Universitas Brawijaya pada tahun 1998. Kemudian, dia melanjutkan studi Program Magister di Institut Teknologi Bandung di tahun 2001. Sedangkan program doktoral digembleng di Tsukuba University, Jepang pada tahun 2008.

Dalam pidatonya pada penyampaian visi misi, ia menyampaikan prioritas dari visinya yaitu mengembangkan Universitas Brawijaya (UB) sebagai PTNBH.

“Perlu dikembangkan sistem kelembagaan universitas yang kuat, yaitu Triple Helix. Triple Helix dalam konteks ini adalah pendidikan, penelitian, dan praktek yang bagus bagi mahasiswa untuk meningkatkan relevansi mahasiswa,” katanya.

Widodo menawarkan enam program utama dalam penguatan sistem kelembagaan universitas yang kuat. Pertama, penguatan relevansi pendidikan. Kedua, peningkatan global capacity mahasiswa.

Ketiga, peningkatan SDM dengan international recognition. Keempat, penguatan kapasitas infrastruktur untuk hilirisasi inovasi. Kelima, penguatan kapasitas Badan Usaha Universitas. Keenam, optimasi proses bisnis dan integrasi sistem informasi.

Widodo juga menyampaikan visi Penguatan fundamen penelitian melalui pembentukan Center of Excellence dan Teaching Factory melalui peningkatan kualitas pendidikan, pengetahuan dan inovasi yang bertaraf internasional.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Rektor UB periode 2022-2027 Prof. Widodo memiliki program pengembangan UB sebagai PTNBH, yaitu teaching factory, upscaling prototype facility, center of excellence, penguatan kapasitas badan usaha universitas, overseas credit earning, serta optimasi proses bisnis dan integrasi sistem informasi. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.