TIMES JATIM, MALANG – Acara Malang Raya Vaganza Sale 2025 sukses menarik perhatian masyarakat, khususnya di Kota Malang. Hal itu dibuktikan dengan total transaksi mencapai Rp350 juta selama penyelenggaraan selama satu bulan penuh, mulai 18 April hingga 18 Mei 2025.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, saat menutup rangkaian acara di Cyber Mall Kota Malang, Minggu (18/5/2025).
Kegiatan yang juga digelar untuk memeriahkan Hari Jadi ke-111 Kota Malang ini terbukti mampu menggairahkan aktivitas perdagangan dan mendorong warga belanja di pusat perbelanjaan anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang Raya.
Wahyu Hidayat menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan event belanja tahunan ini yang dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya di sektor ritel dan perdagangan.
“Terima kasih kepada APPBI sudah bisa membersamai dari Kota Malang, berkait dengan hari jadi Kota Malang yang ke-111. Dan ini saya dari pembukaan sampai dalam penutupan, saya datang karena saya mengapresiasi,” ungkap Wahyu.
Meskipun pelaksanaan event dihelat setelah Hari Raya Idulfitri, yang biasanya menjadi momen puncak belanja masyarakat, namun Malang Raya Vaganza Sale tetap berhasil menarik minat konsumen.
“Vaganza Sale ini memberi kemudahan mereka untuk membeli. Kemarin ini katanya berkurang ya, rata-rata kemarin daya belinya di atas 200 ribu rupiah, sekarang di bawah. Tapi ini saya memahami karena hari jadi Kota Malang kan berbarengan dengan Hari Raya Idul Fitri,” tambah Wahyu.
Wahyu juga menjelaskan bahwa sejumlah pusat perbelanjaan telah lebih dulu menggelar program diskon menjelang lebaran, namun kehadiran event ini tetap berhasil menarik konsumen untuk kembali berbelanja.
“Orang-orang yang datang kan, misalnya Kota Malang atau dari luar kan hanya itu-itu saja. Nah ini juga termasuk sudah sangat baik, walaupun mereka sudah belanja saat Hari Raya, kemudian sekarang ada Vaganza sale, mereka belanja lagi, ini juga luar biasa.”
Wali Kota Malang juga mengungkapkan bahwa total nilai transaksi selama event berlangsung mencapai Rp350 juta, dengan jumlah kupon undian yang masuk mencapai 3.500 kupon.
“Transaksinya sebanyak Rp350 juta. Kemudian yang ikut undian itu Rp3.500 juta. Artinya yang belanja karena ada sale ini sebanyak itu,” jelasnya.
Pada puncak acara penutupan, panitia juga menggelar pengundian hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi. Berbagai hadiah menarik seperti mesin cuci, televisi, hingga sepeda listrik dibagikan kepada para pemenang yang beruntung. (*)
Pewarta | : Achmad Fikyansyah |
Editor | : Ronny Wicaksono |