https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

Sidak SPBU, Polisi Pastikan BBM Aman dan Antisipasi Kecurangan Saat Mudik Lebaran

Jumat, 29 Maret 2024 - 20:10
Sidak SPBU, Polisi Pastikan BBM Aman dan Antisipasi Kecurangan Saat Mudik Lebaran Pengecekan tangki tandon BBM, dilanjutkan pemeriksaan tera oleh personel Satreskrim Polres Malang bersama tim gabungan, di SPBU Karanglo Singosari, Kabupaten Malang, Jum'at (29/3/2024). (Foto Humas Polres)

TIMES JATIM, MALANG – Sidak pengecekan dilakukan aparat Kepolisian Resor Malang, di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Malang, Jumat (29/3/2024). 

Inspeksi dan pengecekan tersebut seperti digelar di SPBU 54.651.75, Jalan Raya Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang, dan dilakukan personel Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim). Dalam pengecekan ini juga melibatkan pihak Depo Pertamina dan Unit Pelaksana Teknis Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang.

Saat tiba di lokasi, petugas gabungan langsung memeriksa data tera BBM dari kantor SPBU. Data tera BBM kemudian dicek ulang pada pompa ukur bahan bakar minyak oleh petugas. Ini disaksikan oleh aparat kepolisian dan petugas tera. Pengecekan juga dilakukan pada tangki tandon penyimpanan BBM.

Kanit II Tipidter Satreskrim Polres Malang, Iptu Aji Prakoso mengungkapkan, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kondisi bahan bakar minyak (BBM). Tujuannya, agar pemudik tidak dirugikan saat mengisi BBM ketika mudik lebaran Idul Fitri mendatang.

Dikatakan, pengecekan tera BBM tersebut bertujuan untuk memastikan timbangan, takaran, dan meteran yang digunakan sudah sesuai dengan dasar transaksi perdagangan. 

"Hal ini juga dilakukan untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan dan untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik, jelas Iptu Aji di sela-sela pengecakan di SPBU Karanglo, Jumat (29/3/2024).

Ditambahkan, kegiatan ini juga menjadi bagian upaya mendukung kegiatan Operasi Ketupat 2024.

"Sidak SPBU dilakukan untuk memastikan masyarakat aman, ketika membeli BBM menjelang mudik lebaran Idul Fitri mendatang," tandasnya. 

Selain di SPBU Karanglo, pengecekan juga dilanjutkan di SPBU 54.651.27 Singosari dan SPBU 54.651.38 Karangploso. Hasil pengecekan di ketiga SPBU tersebut menunjukkan, tera ukur sudah sesuai dengan batas toleransi yang telah ditentukan oleh UPT Metrologi Legal Kabupaten Malang dari beberapa sampel nozzel dan jenis BBM yang berbeda.

“Saat pemeriksaan juga tidak ditemukan endapan air pada tangki tandon penyimpanan BBM, semuanya dalam batas normal,” jelasnya.

Iptu Aji juga menegaskan bahwa stok BBM di SPBU di wilayah Kabupaten Malang dipastikan aman selama bulan Ramadhan dan libur panjang Idul Fitri 1445 H. Pihaknya juga memberikan himbauan kepada pengusaha SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.