https://jatim.times.co.id/
Berita

DPD LDII Kota Kediri: NU Memberikan Banyak Inspirasi 

Selasa, 07 Februari 2023 - 18:37
DPD LDII Kota Kediri: NU Memberikan Banyak Inspirasi  Ketua PCNU Kota Kediri KH. Abu Bakar Abdul Jalil bersama, Ketua PD Muhammadiyah Kota Kediri Prof.Fauzan serta Ketua DPD LDII Kota Kediri H.Agung Riyanto (FOTO; dok DPD LDII). 

TIMES JATIM, KEDIRI – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Kediri, H. Agung Riyanto memberikan apresiasi besar pada Nahdlatul Ulama (NU). Dimana pada usianya yang telah mencapai 1 abad, NU memberikan kontribusi yang sangat besar pada retorika bangsa dan negara Indonesia. 

Ketua DPD LDII Kota Kediri H. Agung Riyanto, juga mengungkapkan NU merupakan inspirasi bagi ormas-ormas Islam lain termasuk LDII, dalam berkontribusi terhadap bangsa. 

"Ibarat kapal, NU merupakan kapal yang tangguh dengan nakhoda luar biasa. Sehingga mampu melewati zaman pergerakan, revolusi, hingga lahirnya Indonesia modern," tegas Ketua DPD LDII Kota Kediri H. Agung Riyanto, Selasa, (07/02/2023). 

Ia menambahkan NU dan LDII memiliki ciri khas masing - masing dalam membina umat. Dengan ciri khas tersebut, tetap tercipta hubungan harmonis antara NU dan LDII di Kota Kediri. 

LDII menganggap NU sebagai saudara tertua, dimana banyak inspirasi yang bisa diserap oleh LDII. "Kami perlu belajar banyak dari NU seperti di bidang pendidikan, pengelolaan pondok pesantren, kesehatan, ekonomi dan sosial," imbuhnya.

H. Agung Riyanto menuturkan NU juga selalu menjadikan Islam sebagai ajaran kebaikan yang prioritas bagi sesama kaum muslimin sekaligus bagi seluruh umat manusia dan semesta alam. 

 "Alhamdulillah, saya dan Gus Ab (Ketua PCNU Kota Kediri KH Abu Bakar Abdul Jalil)  selalu menjalin komunikasi intens, kami saling mengundang dalam kegiatan, juga sering bertemu menjadi tamu undangan di kegiatan - kegiatan lain," ujarnya.

Sementara itu, senada dengan H Agung Riyanto,  Ketua Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri KH Sunarto menyampaikan, NU sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia, kontribusinya luar biasa terhadap negara. Terutama dalam sikap toleransi beragama, kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

KH Sunarto menuturkan NU memiliki andil sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia karena pejuang-pejuang kemerdekaan terbanyak adalah dari kalangan pesantren. "Tentunya kyai-kyai tersebut menjadi komandannya saat itu," ungkapnya.

Di usianya yang sudah satu abad, Ketua DPD LDII Kota Kediri H. Agung Riyanto mengucapkan selamat kepada NU, dimana puncak resepsi 1 Abad NU digelar di GOR Delta, Sidoarjo, Selasa, (07/02/2023). 

"Semoga acara yang resepsi besar seabad NU di Sidoarjo berjalan dengan lancar, teruslah berkontribusi untuk bangsa" ujarnya.

Sedangkan Ketua Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri KH Sunarto berharap, pada usia seabad tersebut, NU terus menjadi yang terdepan dalam upaya menjaga ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah basyariah. 

 “Terutama menjaga hubungan erat dan harmonis dengan LDII, termasuk Ponpes Wali Barokah Kediri," pungkasnya. (*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.