https://jatim.times.co.id/
Berita

Bupati Jember Minta Bangunan Peninggalan Jepang di Desa Cakru Dijaga

Kamis, 12 September 2024 - 19:44
Bupati Jember Minta Bangunan Peninggalan Jepang di Desa Cakru Dijaga Bupati Jember Hendy Siswanto saat berada di dalam bangunan peninggalan tentara Jepang di Desa Cakru. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBER – Bupati Jember Hendy Siswanto mengunjungi bangunan peninggalan pasukan Jepang di Desa Cakru, Kecamatan Kencong, Jember, Kamis (12/9/2024).

Hendy berpesan agar bangunan yang menjadi cagar budaya tersebut dirawat agar tidak rusak.

"Gedung bangunan Jepang perlu penanganan lebih kongkrit lagi supaya ketika masuk ke dalam gedung lebih menarik," pintanya.

Terdapat sedikitnya tujuh bangunan peninggalan pendudukan Jepang di Desa Cakru.

"Kami mengucapkan terima kasih karena bangunan (peninggalan) Jepang ini tetap dipertahankan. Lahan ini difungsikan sebagai cagar budaya, jangan dirusak. Nanti saya meminta kepada Pokdarwis untuk dilakukan manajemen yang bagus," kata Hendy di sela-sela kunjungannya ke Desa Cakru.

Hendy juga mengatakan bahwa pihaknya berencana menjadikan Desa Cakru sebagai desa wisata yang menawarkan paket wisata.

Tidak hanya menawarkan jalan-jalan ke bangunan peninggalan tentara Jepang, namun paket wisata tersebut juga akan menawarkan kuliner tradisional khas Desa Cakru serta permainan tradisional.

"Jember tempat penghasil kopi, jadi kopi Desa Cakru harus kopi andalan yang dikeluarkan. Warga yang mempunyai lahan dipersilahkan untuk berjualan makanan. Pemkab Jember melalui dinas koperasi usaha dan mikro untuk membantu UMKM di Desa Cakru," ujarnya berjanji.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cakru Heny Indariyani mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jember Hendy Siswanto karena sudi memberikan perhatian kepada potensi pariwisata di desanya.

"Terima kasih kontribusi Pemkab Jember yang telah dibrikan kepada desa kami, seperti pembangunan jalan multiyear. Semangat kami semua yakni dapat memberikan nilai dan membuat Jember dan Desa Cakru lebih maju lagi," ujarnya. (*)

Pewarta : M Abdul Basid (MG)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.