Berita

Pangdam Brawijaya Dukung Perluas Lahan Tanam Padi Japonica

Jumat, 02 Desember 2022 - 20:15
Pangdam Brawijaya Dukung Perluas Lahan Tanam Padi Japonica Direksi dan Manajemen PT ATM foto bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto usai audiensi pemaparan ketahanan pangan dan potensi Padi Premium Japonica di Aula Makodam V/Brawijaya, Jumat (2/12/2022). (FOTO: Dok.ATM)

TIMES JATIM, SURABAYA – Jajaran Direksi dan Manajemen PT Amerta Tani Maju (ATM) melakukan audiensi bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, M. Sc di Aula Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Jumat (2/12/2022). 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Aster Kodam Brawijaya Kolonel Arm. W. Rimoko Ardani dan Dandim Ngawi Letkol Adi Wirawan. Pertemuan antara PT ATM dan Pangdam sendiri diinisiasi oleh Danrem 081/DSJ Kolonel Inf. Deni Rejeki SE, M.Si.

Sementara dari jajaran Direksi dan Manajemen PT ATM, hadir Komisaris Utama PT ATM Dinnah Tanuhardja, Direktur Utama Thiono, Direktur Teknik Djoko Ardhityawan, Intern Auditor Njoto Adi Susanto dan VP Sales and Marketing, Matthew. 

Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto memaparkan berbagai upaya mendukung ketahanan pangan di Wilayah Jatim yang selama ini dilakukan oleh TNI AD. Salah satunya pemanfaatan lahan tidur sebagai lahan produktif dengan menanam komoditas pertanian. 

"Hal ini merupakan program yang dicanangkan oleh Bapak KASAD Jenderal Dudung Abdurrahman," ungkap Pangdam Brawijaya

Gayung bersambut, Direksi PT ATM menawarkan solusi jitu dalam mewujudkan ketahanan pangan yang juga menjadi isu global ini. Terutama untuk memperkuat kebutuhan logistik dalam negeri. 

PT ATM sebagai perusahaan pertanian yang berfokus pada produksi Padi Japonica juga telah melakukannya kerja sama atau kolaborasi dengan beberapa Makorem di bawah komando Kodam V/Brawijaya. Seperti Korem 081/Dhirotsaha Jaya. 

Bahkan, Padi Japonica telah memasuki beberapa kali masa panen raya di area persawahan Desa Kedungsigit, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Dalam momen ini, Direktur PT ATM Thiono mempresentasikan tentang penanaman Padi Premium Japonica di hadapan Pangdam V Brawijaya bersama jajarannya. 

"Dari hasil pertemuan dan dengar pendapat tersebut, Pangdam V/Brawijaya kemudian menginstruksikan kepada Aster Kodam untuk mensosialisasikan program penanaman Padi Premium Japonica ke seluruh Kodim Wilayah Jawa Timur dan sekaligus menanam Padi Premium Japonica sebagai demo plot (demplot)," ungkap Thiono. 

VP Sales and Marketing PT ATM, Matthew, menambahkan, PT ATM terus konsisten memasok produksi Japonica untuk konsumsi dalam negeri dan dinikmati anak bangsa. PT ATM sendiri menargetkan luasan lahan tanam padi japonica sebesar 10.000 hektare hingga 2023 mendatang. 

"Sedangkan pada Kuartal IV 2022 ini sudah mencapai 300 hektare," ucap Matthew. 

Ia menuturkan, sudah saatnya Indonesia dengan tanah yang subur dengan pengalaman serta ilmu pertanian yang melegenda mampu menghasilkan produksi beras Japonica yang sehat, lezat, bermutu tinggi serta memiliki nilai jual yang lebih baik, sehingga terbuka lapangan pekerjaan yang luas di sektor pertanian. Langkah ini sekaligus merupakan upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan petani. 

"Industri pertanian adalah sektor utama dalam ketahanan pangan nasional. Perkembangan sektor industri pertanian tidak bergantung kepada kondisi pandemi dan atau resesi, karena bahan pokok pangan akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat," pungkas Matthew.

Diketahui, jajaran Direksi dan Manajemen PT Amerta Tani Maju (ATM) melakukan audiensi bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, M. Sc di Aula Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Jumat (2/12/2022). 

Direksi PT ATM menawarkan solusi jitu dalam mewujudkan ketahanan pangan yang juga menjadi isu global ini. Terutama untuk memperkuat kebutuhan logistik dalam negeri.(*) 

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.