Berita

Tradisi Wisuda Puluhan Penghafal Alquran Menjelang Ramadan

Minggu, 19 Maret 2023 - 16:25
Tradisi Wisuda Puluhan Penghafal Alquran Menjelang Ramadan Proses wisuda penghafal Alquran di Pondok Pesantren Darul Ulum Maskuning Kulon Kecamatan Pujer. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Pondok pesantren Darul Ulum Maskuning Kulon Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, memiliki tradisi wisuda penghafal Alquran menjelang Ramadan.

Total ada 34 siswa penghafal Alquran yang diwisuda tahun ini. Hal serupa juga dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Pendidikan formal yang terdiri dari PAUD, MI, MTs serta SMK ini hingga saat ini telah banyak melahirkan penghafal Alquran, bahkan rata-rata dibawah umur 10 tahun.

Informasi dihimpun, MI Darul Ulum telah mewisuda tahfidz 34 siswanya. Terdiri dari bergai kategori, mulai dari kategori Juz 30, Juz 1 sampai 2 dan Juz 1,2 hingga 30, Sabtu (18/3/2023) malam.

Kepala Sekolah MI Darul Ulum, Edi Sugianto S.Hum mengatakan, Alquran sebagai sumber inspirasi menjadi salah satu yang paling pokok dalam menjalankan segala bentuk aktivitas dan kegiatan pertumbuhan hidup manusia.

Menurutnya, Alquran memiliki peranan penting dalam berlangsungnya pendidikan. Utamanya bagi pendidikan anak.

"Program Tahfidz ini merupakan Program unggulan di MI Darul Ulum," kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (19/3/2023).

Adapun tujuannya kata dia, agar peserta didik mampu membaca Alquran dengan baik dan Lancar sesuai kaidah tajwid.

"Serta menghasilkan lulusan yang hafal Alquran dan menjaganya," jelas dia.

Sementara Drs. Ahmad Afandi. M.Pd.I selaku pengawas, sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas capaian yang terus berkembang di MI Darul Ulum.

Selain bentuk capaian yang sangat membanggakan semua, anak-anak yang sudah diwisuda sebagai huffadz ini merupakan amanah dan tanggung jawab semua. 

"Maka kita semua harus terlibat dalam merawat, menjaga dan mengembangkan hafalannya," harapnya.

Siti Afiah selaku perwakilan wali dari salah satu siswa yang diwisuda, mengaku sangat terkesan saat anaknya mampu menyelesaikan hafalan dengan capaian maksimal.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh dewan guru yang telah menemani, membina, dan mendidik putri kami hingga di titik ini. Semoga menjadi nilai jariyah yang terus menjadi kebaikan," harapnya usai acara wisuda penghafal Alquran. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.