https://jatim.times.co.id/
Berita

Misteri Barongan Bambu di Probolinggo: Diduga Campur Tangan Jin

Rabu, 11 September 2024 - 16:16
Misteri Barongan Bambu di Probolinggo: Diduga Campur Tangan Jin Salah satu ustad di diprobolinggo saat melihat bambu yang viral akibat berdiri sendiri usai 9 bulan tumbang. (Foto: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Fenomena barongan bambu yang berdiri sendiri di Dusun Ketompret, Desa Tongas Wetan, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, kini menjadi perbincangan hangat. Barongan bambu yang telah tumbang selama sembilan bulan itu kini kembali berdiri.

Salah satu ahli supranatural menyebut, kembalinya barongan bambu tersebut berdiri disebabkan oleh ulah jin.

Hal ini diungkapkan oleh Ustadz Nur Ridwan, warga setempat. Menurutnya, setelah dilakukan pengecekan menggunakan ilmu kebatinan pada Rabu (11/9/2024) siang, diketahui jika ada campur tangan jin di balik kejadian tersebut.

"Menurut ilmu batin, barongan bambu ini tidak berdiri dengan sendirinya, melainkan ada lima jin yang membuatnya kembali berdiri," kata Ustadz Nur Ridwan.

Lima jin tersebut, menurutnya, bukan penghuni tetap barongan bambu itu, melainkan jin pendatang yang sengaja membuat warga geger dengan menegakkan kembali barongan bambu.

Selain itu, Ustadz Nur Ridwan menegaskan, di barongan bambu tersebut tidak ada pusaka atau benda berharga lain yang bisa diambil, sehingga tidak ada manfaat bagi masyarakat yang datang dengan maksud untuk mengambil sesuatu.

"Saya mengimbau masyarakat agar tidak membawa sesaji atau hal-hal semacamnya, atau berniat mengambil pusaka atau batu, karena itu bisa menjerumuskan pada kemusyrikan," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah barongan bambu di lahan milik Santoso (35), warga Dusun Ketompret, Desa Tongas Wetan, Kecamatan Tongas, pada Sabtu (7/9/2024) malam sekitar pukul 22.30, tiba-tiba berdiri sendiri.

Padahal, barongan tersebut sudah tumbang selama sembilan bulan akibat diterjang hujan dan angin. Upaya pemilik untuk membakar barongan bambu itu guna memanfaatkan tanahnya sebagai sawah pun gagal. (*)

Pewarta : Rizky Putra Dinasti
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.