https://jatim.times.co.id/
Berita

Bendera NU Kota Batu Ukuran 40x25 Meter Diajukan Rekor MURI

Minggu, 05 Februari 2023 - 19:07
Bendera NU Kota Batu Ukuran 40x25 Meter Diajukan Rekor MURI Bendera Nahdlatul Ulama (NU) berukuran 40 x 25 meter yang dibuat warga Nahdliyin Kota Batu untuk dibentangkan di Gunung Panderman diajukan dicatat masuk rekor MURI. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BATUBendera NU berukuran 40 x 25 meter yang dibuat warga Nahdliyin Kota Batu untuk dibentangkan di Gunung Panderman diajukan dicatat masuk rekor MURI.

Ketua Panitia Peringatan 1 Abad NU Kota Batu, Fathul Yasin yakin bisa tercatat sebagai bendera terbesar organisasi dalam rekor MURI.

"Kita ajukan tercatat dalam rekor MURI sebagai bendera organisasi terbesar yang pernah dibuat dan dibentangkan di lereng gunung," ujar Yasin.

Bendera-Nahdlatul-Ulama-2.jpg

Untuk membuat bendera ini, NU membuat tim khusus dan membuat gambar logo dengan menggunakan lukisan karena tidak memungkinkan dilakukan pencetakan.

Sementara itu Ketua Syuriah PCNU Kota Batu, KH Hazim Sirodjudin menjelaskan bahwa rekor bendera organisasi terbesar sudah pernah dibuat.

"Kalau pemecahan rekor Indonesia bendera organisasi masyarakat 1000 meter sudah pernah dipecahkan di Unisma beberapa tahun lalu, tapi itu dibentangkan di gedung, sekarang kita bentangkan di lereng Gunung Panderman yang lebih tinggi dengan berat bendera lebih dari 2 kwintal," ujar Gus Sirodj.

Bendera-Nahdlatul-Ulama-3.jpg

Sementara itu Costumer Relation Manager MURI, Lutfi Syahpradana menjelaskan bahwa pihaknya menerima ajuan rekor bersifat superlatif (terbanyak/ terkecil/ paling besar atau paling sedikit).

"Kita menerima ajuan rekor yang bersifat superlatif berdasarkan pembentangan bendera organisasi di lereng gunung. Sampai saat ini belum ada, tapi kita masih lakukan kajian," ujar Lutfi sesaat setelah upacara pemberangkatan bendera NU ke Gunung Panderman.

Menurut Lutfi pihaknya akan melakukan pengukuran sebelum pembentangan. "Sebelum dibentangkan kita ukur terlebih dahulu benderanya, setelah itu baru Baser bosa membentangkan di Lereng Panderman," ujar Lutfi.

Data yang dihimpun TIMES Indonesia, bendera organisasi terbesar pernah dibuat di Kota Malang tahun 2017. Saat itu bendera yang dibuat sama-sama bendera NU.

Bendera tersebut dibuat oleh Jamaah Cangkrukan Gus Dur yang membuat bendera NU berukuran 45 x 30 meter dengan bobot 1,4 kwintal yang dikibarkan di gedung Unisma untuk memperingati hari Santri.

Pada tahun yang sama, tahun 2017, panitia Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar NU membuat Bendera NU berukuran 60 X 40,20 meter, bendera ini dibentangkan di Lapangan Sangkareang Kota Mataram. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.