https://jatim.times.co.id/
Berita

Belanja di Diva Swalayan Kini Tak Perlu Ribet, Bisa Bayar Lewat Mesin EDC BRI

Selasa, 30 April 2024 - 15:15
Belanja di Diva Swalayan Kini Tak Perlu Ribet, Bisa Bayar Lewat Mesin EDC BRI Diva Swalayan yang ada di Kota Kraksaan. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Penggunaan mesin EDC BRI kini semakin banyak dilakukan oleh para pelaku usaha, dari tingkat UMKM hingga toko retail. Pembayaran bisa semakin mudah dan cepat tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Salah satunya seperti yang dirasakan oleh pihak Manajemen Diva Swalayan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Toko pakaian dan makanan ini, sudah cukup lama menggunakan mesin EDC dari BRI. Pembeli yang belanja di toko swalayan tersebut bisa dengan mudah melakukan pembayaran menggunakan kartu debit maupun kredit.

“Selama ini tidak pernah mengalami kendala setiap ada transaksi. Setelah ada pembayaran, selalu masuk ke rekening perusahaan dengan cepat. Transaksi pun cepat tanpa ada gangguan yang cukup lama,” ungkap Manajer DOva Swalayan, Rudi.

Menurut dia, selain untuk mempermudah transaksi, mesin EDC ini semakin menjadi keharusan dimiliki oleh swalayan tersebut. Sebab, banyak pembeli yang datang ke tokonya merupakan nasabah dari BRI. Termasuk nasabah yang ada di pegunungan. Tak heran, kantor BRI pun cukup mengakar hingga ke tingkat kecamatan di dataran tinggi.

“Banyak nasabah BRI juga yang datang belanja di toko kami. Mereka juga banyak yang bayar pakai non tunai debit BRI. Jadi mesin EDC itu sudah menjadi keharusan ada di loket pembayaran kami,” paparnya.

Diva-Swalayan.jpg

Rudi menjelaskan, perkembangan digital saat ini sudah menuntut para pelaku usaha, terutama Diva Swalayan ini, untuk mengikuti perkembangan zaman. Banyak nasabah saat ini sudah terbiasa menggunakan pembayaran non tunai melalui kartu maupun ponsel.

“Mau tidak mau harus mengikuti perkembangan. Pembeli juga banyak yang menggunakan pembayaran non tunai untuk transaksi. Dari pada bawa uang tunai, masih ribet. Pakai ponsel dan kartu saja sudah cukup,” jelas Rudi.

Salah satu pembeli di Diva Swalayan, Miftahul Ulum mengaku lebih suka melakukan pembayaran dengan non tunai. Ia pun sudah terbiasa melakukan itu sejak masa covid-19. Karena pada masa itu, semua transaksi diharuskan untuk tidak berinteraksi langsung. Sehingga pembayaran non tunai menjadi pilihan dan keharusan.

“Sudah terbiasa dari masa Covid-19. Sekarang malah makin nyaman dan sangat terbiasa. Selain tidak ribet, juga tidak perlu bawa uang banyak saat keluar rumah. Sangat suka jika Diva Swalayan ini menggunakan non tunai. Semoga banyak lagi toko lain,” harap warga Kraksaan itu.

Sementara itu, Kepala Cabang BRI Probolinggo, Indrayana menyampaikan, mesin EDC BRI dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit, kartu prepaid dan QRIS yang dapat memudahkan transaksi. “Dalam satu mesin bisa multifungsi untuk transaksi,” jelasnya. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.