https://jatim.times.co.id/
Berita

Pesta Bantengan di Kanjuruhan Bantengan Festival, Memajukan Seni Tradisi sesuai Pakem

Minggu, 01 September 2024 - 16:21
Pesta Bantengan di Kanjuruhan Bantengan Festival, Memajukan Seni Tradisi sesuai Pakem Bupati Malang Sanusi saat membuka Kanjuruan Bandengan Festival, dengan melecutkan pecut peserta bantengan, yang digelar di Kabupaten Malang, Minggu (1/9/2024).( foto: Aditya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Ajang Kanjuruhan Bantengan Festival (KBF) Kabupaten Malang berlangsung meriah bak pesta rakyat dan seniman Bantengan. Gelaran KBF dipusatkan di jalur lingkar barat (Jalibar), Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (1/9/2024). 

Atraksi seniman bantengan di acara KBF ini, dibuka oleh Bupati Malang, HM Sanusi, yang juga menyaksikan bersama Wabup Malang, Didik Gatot Subroto, dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Malang. 

Penyerahan pecut bantengan, yang dilecutkan oleh Abah Sanusi menandai dimulainya atraksi festival yang diikuti 33 kelompok peserta dari masing-masing kecamatan.

Bantengan-Festival-2.jpg

Bupati Sanusi menyatakan, digelarnya Kanjuruhan Bantengan Festival ini, diharapkan menjadi ajang yang bisa menjadikan kesenian tradisional bantengan untuk terus betkembang.

Terlebih, akan memunculkan lahirnya kesenian bantengan khas yang dimiliki Kabupaten Malang. 

"Dengan festival ini, harapannya kesenian bantengan tidak mati dan bisa terus berkembang, punya ciri khas tiap kecamatan dalam ragam corak lerengan, yang akan menjadi kekayaan seni di Kabupaten Malang," kata Abah Sanusi, Minggu (1/9/2024). 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Purwoto mengungkapkan, even Kanjuruhan Bantengan Festival digelar perdana tahun ini. 

Menurutnya, kesenian bantengan yang ditampilkan adalah yang tradisional sesuai pakem asli.

Bantengan-Festival-3.jpg

Dengan harapan, bantengan yang disajikan dalam festival ini, bisa mengembalikan roh dan filosofi nilai adiluhung, serta meminimalisir kemungkinan ekses negatif yang bisa ditimbulkan. 

Setiap tim peserta Kanjuruhan Bantengan Festival (KBF) sendiri, bisa menampilkan atraksinya dalam waktu 7-10 menit, dengan jumlah partisipan 50 sampai 70 pemain. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.