https://jatim.times.co.id/
Berita

Nostalgia Sejarah Sambil Ngopi, Banyuwangi Hadirkan Cafe Museum

Kamis, 03 Oktober 2024 - 18:12
Nostalgia Sejarah Sambil Ngopi, Banyuwangi Hadirkan Cafe Museum Penampakan sementara Cafe Museum yang berada di sebelah Museum Blambangan Kantor Disbudpar Banyuwangi. (Foto : Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Bosan dengan kafe biasa? Banyuwangi punya konsep baru yang lebih menarik. Kini, masyarakat bisa menikmati secangkir kopi sambil bernostalgia dengan sejarah Bumi Blambangan. 

Bernama Cafe Museum, tempat ngopi ini bertempat bersebelahan dengan Museum Blambangan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi. 

Nantinya Cafe ini bakal dikonsep layaknya coffee shop pada umumnya, hanya saja pengunjung juga bisa masuk ke dalam Museum Blambangan, dan museum Banyuwangi Tempo Dulu.

Adanya Cafe Museum dijelaskan oleh Kurator sekaligus Edukator Museum Blambangan Banyuwangi, Bayu Ari Wibowo bertujuan untuk menarik minat masyarakat yang terutama para remaja agar lebih mencintai dan belajar sejarah dengan mengunjungi museum.

“Jadi nanti bisa juga setelah berkunjung dari Museum Blambangan duduk santai sambil menikmati kopi,” katanya Kamis, (3/10/2024).

Dengan kurang lebih 4.300 koleksi benda bersejarah seperti artefak dari masa zaman pra-sejarah, Hindu Buddha hingga benda peninggalan kolonial di Banyuwangi. Museum yang berdiri sejak 25 Desember 1977 ini juga diharapkan menjadi wahana edukasi seraya bersantai.

Menurut Bayu, adanya Cafe Museum ini sudah direncanakan sejak lama, namun belum tahu pasti kapan cafe ini bisa beroperasi. Ia mengutarakan agar Cafe Museum segera di buka.

“Yang pasti Cafe Museum ini merupakan terobosan baru dalam menarik masyarakat agar lebih mencintai sejarah Banyuwangi,” tuturnya.

“Dan adanya Cafe Museum ini kita ingin ingin berinovasi seperti yang ada di Museum Nasional,” imbuh Bayu.

Nah bagaimana, apakah kalian tertarik berkunjung setelah Cafe Museum dibuka? Nantikan saja. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.