Berita

1 Abad NU, MWCNU Tegalampel Gelar Ijazah Ratib Al Haddad

Minggu, 05 Februari 2023 - 17:38
1 Abad NU, MWCNU Tegalampel Gelar Ijazah Ratib Al Haddad Kegiatan ijazah Ratib Al Haddad dalam rangka menyambut 1 Abad NU. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Berbagai cara dilakukan oleh warga Nahdlatul Ulama (NU) dalam menyambut 1 Abad NU. Salah satunya seperti yang dilakukan MWCNU Tegalampel Bondowoso bersama LTQ Assa'adah.

Dalam rangka memperingati Satu Abad NU, MWCU dan LTQ Assa'adah menggelar ijazah Ratib Al Haddad, Minggu (5/2/2023).

Hadir sebagai penceramah dalam kesempatan tersebut, Habib Umar Assegaf Solo Jawa Tengah, Ketua MWCNU sekelas anggota DPRD F-PKB, H Syamsul Tahar, dan ratusan warga Nahdliyyin.

Sebenarnya wirid dan ratib adalah sesuatu yang diamalkan dengan tujuan menyembah mendekatkan diri kepada Allah. 

Sementara salah satu ratib yang sering dibaca oleh Muslim secara luas dan warga NU khususnya adalah Ratib Al Haddad.

Syekh Abu Bakar bin Ahmad al-Maliabar dalam al-Imdad bi Syarhi Ratib al Haddad, menjelaskan beberapa manfaat Ratib Al Haddad.

Kegiatan-ijazah-Ratib-Al-Haddad-a.jpg

Salah satunya, bahwa warga yang rajin membaca ratib ini, maka negara orang tersebut akan dijaga oleh Allah.

Adapun manfaat lainnya, bahwa orang yang membaca Ratib Al Haddad, akan husnul khotimah di akhir hayatnya.

Ketua MWCNU Tegalampel, H Samsul Tahar berharap, warga Bondowoso dan Indonesia pada umumnya mendapatkan keberkahan dari ijazah Ratib Al Haddad tersebut.

"Terpenting kita diselamatkan, di dunia maupun di akhirat kelak," harap dia saat dikonfirmasi. 

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengajak kepada seluruh pengurus dan warga besar NU untuk melakukan refleksi atas keberhasilan yang telah dicapai selama satu abad ini. 

“Mari kita jadikan keberhasilan-keberhasilan tersebut menjadi pemicu semangat untuk menjemput abad ke-2 menuju kebangkitan baru," kata dia.

Pria yang akrab disapa Cak Tahar itu berharap, agar kegiatan tersebut bisa menyambungkan warga NU kepada guru-guru dan muassis Nahdlatul Ulama. 

"Semoga wasilah kita semakin kuat, terutama sambungan ilmu dan hati kita," harap dia.

Selain ijazah Ratib Al Haddad, dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga penyerahan cinderamata program cinta guru ngaji oleh MWCNU Tegalampel.

Sekedar informasi, puncak acara 1 Abad NU bakal digelar pada 7 Februari 2023 di Stadion Delta Sidoarjo. Diperkirakan jutaan jemaah akan hadir di acara tersebut. Tak terkecuali warga NU asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Sejumlah seniman dan band papan atas tanah air bakal ikut memeriahkan 1 Abad NU di Sidoarjo Jawa Timur, diantaranya Slank, Addie MS dan sejumlah tokoh lainnya. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.