https://jatim.times.co.id/
Berita

Kepala Desa Karangbendo Terpilih Jadi Ketua Askab Banyuwangi

Selasa, 23 April 2024 - 18:38
Kepala Desa Karangbendo Terpilih Jadi Ketua Askab Banyuwangi Kepala Desa (Kades) Karangbendo, Budiharto dipanggul dan diarak oleh rekan kades, karena telah terpilih menjadi Ketua baru Askab periode 2024-2028. (Foto : Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Kepala Desa (Kades) Karangbendo, Budiharto, terpilih sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (Askab) periode 2024-2028. Budiharto terpilih setelah unggul atas Kades Tegalharjo Andre Tri Waluyo dan Kades Kandangan, Riyono dalam rapat Musyawarah Kabupaten Luar Biasa (Muskablub), pada Selasa (23/4/2024).

Budiharto terpilih menjadi ketua Askab setelah mengantongi perolehan suara sebanyak 84 suara. Selisih 20 suara dari Andre Tri Waluyo yang mendapatkan 64 suara, sedangkan Riyono mendapat 28 suara.

Musyawarah dan pemilihan yang berjalan aman, damai dan lancar itu, dihadiri setidaknya 178 Kades dari total 189 Desa di seluruh Banyuwangi yang berkesempatan memilih wajah baru Ketua Askab.

Pada kesempatan tersebut, mantan Kades Aliyan Anton Sujarwo, sekaligus juga mantan Ketua Askab periode 2020-2024 itu berpesan kepada ketua baru Askab, jika siapapun yang memimpin kedepannya haruslah ikhlas dan bertanggung jawab. Terlebih menjadi ketua Askab pasti akan sangat memakan uang, waktu hingga energi.

“Yang penting rangkul, gandeng semua. Saya juga ucapkan sukses selalu buat rekan kapala desa dan ketua baru,” ucap Anton saat memberikan pesan-pesan pada Muskablub di Rumah Makan Daipoeng, Desa Watukebo, Kecamatan Blimbingsari.

Perolehan-Suara-ASKAB.jpg

Sementara itu, Ketua terpilih Askab yang baru, Budiharto dalam sambutannya mengatakan, banyak-banyak terimakasih atas sukses terselenggaranya Muskablub Askab. Dirinya juga menyerukan kebangganya atas Ketua Askab sebelumnya yaitu Anton Sujarwo karena dianggap rampung menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik.

Budiharto berambisi, dalam nahkoda kepemimpinannya nanti ia ingin mengajak membangun bersama rekan Askab menjadi berdaulat, kuat, bermartabat dan lebih kompak lagi.

“Harapanya yang jelas, Askab harus lebih kuat, kompak dan bermartabat,” cetus Budiharto.

Saat diwawancara mengenai langkah dalam memajukan Askab kedepanya, Budiharto menerangkan, jika ia akan tetap melanjutkan program yang telah digagas oleh Anton Sujarwo. Dirinya menganggap program-program yang telah dijalankan selama ini sudah baik dan memberikan banyak manfaat dan kemaslahatan bagi Askab.

“Sehingga saya akan melanjutkan mana program yang baik dan mana yang harus diperbaiki,” tandasnya.

Sebagai tambahan pada prosesi pemilhan ketua baru Askab, pembacaan perolehan tersebut dibacakan selantang-lantangnya oleh Ketua Panitia Muskablub A. Chaidir Sidqi dengan dibantu Kades Yudi Yuwono dan Kades Vivin Agustin.

Nampak, setelah menyelesaikan penghitungan suara dan mendapatkan hasil, spontan para Kepala Desa memberikan ucapan selamat kepada Budiharto. Mereka juga memanggul hingga mengarak dengan diiringi alunan musik gamelan hingga pulang kepada Kades Karangbendo itu. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.