https://jatim.times.co.id/
Berita

Siti Fauziah Ajak Mahasiswa Pelihara dan Jaga Jatidiri Bangsa

Kamis, 09 Mei 2024 - 17:17
Siti Fauziah Ajak Mahasiswa Pelihara dan Jaga Jatidiri Bangsa Siti Fauziah, Plt Sekretaris Jenderal MPR RI bersama Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU. (Foto: dok MPR RI)

TIMES JATIM, JAKARTASiti Fauziah, Plt Sekretaris Jenderal MPR RI, mengajak para mahasiswa untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Meskipun pengamalannya tidak mudah, hal ini penting dan memerlukan perjuangan. Salah satu contohnya adalah sikap jujur saat mengerjakan ujian, yang sesuai dengan Pancasila, meskipun seringkali mahasiswa menghadapi kesulitan dalam hal ini.

"Saya mengajak kita semua untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, meskipun mungkin menghadapi risiko tidak lulus ujian. Hal ini merupakan salah satu tantangan dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila, yaitu berlaku jujur, adil, dan bertanggung jawab," ungkap Siti Fauziah.

Ajakan tersebut disampaikan Siti Fauziah dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara MPR RI dan Universitas Pancasila, yang juga mencakup Focus Group Discussion (FGD) tentang Peran MPR sebagai Rumah Kebangsaan dalam Mengawal Konstitusi. Acara tersebut berlangsung di Fakultas Hukum Universitas Pancasila, Rabu (8/5/2024).

Selain itu, Siti Fauziah juga meminta para mahasiswa untuk tetap mempertahankan identitas bangsa Indonesia, meskipun berinteraksi dengan budaya asing. Menurutnya, penting untuk tidak melupakan lagu-lagu dan budaya lokal Indonesia meskipun mengenal budaya asing seperti Korea.

Siti Fauziah juga mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Universitas Pancasila yang telah menandatangani nota kesepahaman, terutama terkait sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Menurutnya, penting untuk bersama-sama mensosialisasikan Empat Pilar tersebut kepada seluruh bangsa Indonesia sejak dini.

Sebelumnya, Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU., menyambut baik nota kesepahaman dengan MPR. Menurutnya, Pancasila saat ini menghadapi tantangan yang tidak ringan, di mana demokrasi sering kali tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.