Berita

Event Majafest, Geliatkan Ekraf dan Pariwisata di Kabupaten Mojokerto

Kamis, 28 Oktober 2021 - 20:27
Event Majafest, Geliatkan Ekraf dan Pariwisata di Kabupaten Mojokerto Pembukaan Majafest di Pendapa Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Kamis (28/10/2021). (FOTO: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MOJOKERTO – Geliatkan ekonomi kreatif (ekraf) dan pariwisata terimbas pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur menggelar event Majafest. Suatu ajang kolaborasi antara ekraf, seni, budaya, wisata, dan produk UMKM. Event Majafest 2021 ini akan diselenggarakan pada 28 Oktober - 10 November 2021.

Event Majafest diisi beberapa kegiatam seperti Jelajah Wisata Kab. Mojokerto, Fashion Show Tematik (Under Sunset), Kompetisi Kopi & Business Matching, Awarding Night, serta Pemilihan Puteri Cokelat Kab. Mojokerto dan Duta Batik Kab. Mojokerto. Rangkaian event ini membentuk satu kesatuan untuk mensukseskan program pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Dinas Pemuda, Pariwisata, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo menyampaikan bahwa event ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan sejarah di Kabupaten Mojokerto.

Pembukaan-Majafest-di-Pendapa-Graha-Majatama-2.jpgKolaborasi produk UMKM dan fashion dalam pembukaan event Majafest 2021 Kabupaten Mojokerto, Kamis (28/10/2021). (FOTO: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

"Memperkenalkan budaya dan sejarah di Kabupaten Mojokerto. Mengapresiasi pelaku UMKM Kabupaten Mojokerto. Dalam hal ini juga untuk pemulihan ekonomi dalam rangka setelah kita mengalami pandemi covid-19. Kemudian meningkatkan nilai jual yang ada di Kabupaten Mojokerto," jelas Amat Susilo dalam press conference di Pendapa Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Kamis (28/10/2021).

Amat Susilo juga menjelaskan detail waktu pelaksanaan kegiatannya. Dihimpun TIMES Indonesia akan kami paparkan sebagaimana berikut.

1. Jelajah Wisata Majapahit dan Fashion Show Tematik (Under Sunset) pada tanggal 1 November 2021. Jelajah wisata ini meliputi, Desa Wisata Bejijong berisi Candi, Cor Kuningan, Mahavihara Majapahit. Kemudian di Desa Batankrajan berupa kerajinan silver, dan lainnya.

2. Kompetisi Kopi dan Talk Show Ngopi bareng Ibu Bupati Mojokerto dengan tema "Potensi Kopi Trawas" bertempat di Ubaya Training Center (UTC) Trawas, Kabupaten Mojokerto pada 2 November 2021.

3. Grand final Duta Batik Mojokerto bertempat di Wisata Desa Bumi Mulyo Jati (BMJ), Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Dilaksanakan pada tanggal 6 November 2021. Menampilkan 20 finalis Duta Batik Kabupaten Mojokerto.

4. Grand final Putri Coklat Kabupaten Mojokerto bertempat di Wisata Desa BMJ, Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Dilaksanakan pada tanggal 7 November 2021. Menampilkan 15 finalis Putri Coklat Kabupaten Mojokerto.

5. Puncak acara yakni Awarding Night Pagelaran Fashion Show dan Dodolan Kreatif Kabupaten Mojokerto. Bertempat di Desa Wisata Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Dilaksanakan pada tanggal 10 November 2021.

Terpisah Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati optimis bahwa Kabupaten Mojokerto pada pengumuman perpanjangan PPKM pada 1 November 2021 mendatang, sudah masuk PPKM level 2. Pasalnya berdasarkan inmendagri nomor 53 tahun 2021, saat ini Kabupaten Mojokerto masuk PPKM level 3.

Pembukaan-Majafest-di-Pendapa-Graha-Majatama-3.jpgPenampilan dalam pembukaan ajang event Majafest Kabupaten Mojokerto, Kamis (28/10/2021).(FOTO: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

Ikfina Fahmawati mengapresiasi upaya menggeliatkan ekonomi kreatif dan pariwisata. Disampaikannya agenda ini merupakan ikhtiar Pemda Kabupaten Mojokerto untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

"Suatu agenda yang sifatnya ini adalah produktif, kreatif, dan inovatif, dan semuanya kita tujukan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mojokerto," ungkapnya.

Kabupaten Mojokerto dikenal memiliki warisan sejarah luhur. Kerajaan terbesar di nusantara yakni Kerajaan Majapahit pusatnya ada di Mojokerto. Warisan itu termanifestasi ke dalam struktur sosial, seni, dan budaya yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Kondisi geografis Kabupaten Mojokerto juga memiliki keanekaragaman kekayaan dan potensi alam. Hal ini tersebar luas mulai dari sisi selatan, utara, barat, dan timur Kabupaten Mojokerto. Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Mojokerto mulai memperkenalkan seluruh potensi-potensinya.

"Strategi pertama yang harus kita laksanakan dalam situasi keterbatasan di tengah penularan covid-19 saat ini adalah segera tancap gas untuk pemulihan ekonomi. Kabupaten Mojokerto berupaya untuk memulai agenda tersebut," ungkap Bupati Mojokerto terkait gelaran event Majafest. (*) 

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat (MG-335)
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.