https://jatim.times.co.id/
Berita

Perkuat Literasi Sejarah Organisasi, PC GP Ansor Pacitan Bersilaturahmi dengan Tokoh Pendahulu

Selasa, 23 April 2024 - 17:10
Perkuat Literasi Sejarah Organisasi, PC GP Ansor Pacitan Bersilaturahmi dengan Tokoh Pendahulu Ketua PC GP Ansor Pacitan, Zainal Arifin sambangi para pendahulu untuk memperkuat literasi sejarah. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITAN – Dalam suasana Idul Fitri 1445 H, PC GP Ansor Kabupaten Pacitan melakukan silaturahmi dengan para Ketua Cabang terdahulu. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pendahulu dalam membangun dan membesarkan organisasi GP Ansor di Kabupaten Pacitan.

Ketua PC GP Ansor Pacitan, Zainal Arifin, menyampaikan bahwa silaturahmi ini merupakan momen penting untuk mempererat persaudaraan dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara para kader GP Ansor.

"Di momen bahagia ini, PC GP Ansor Pacitan juga ingin menjalin silaturahmi dengan para kyai dan Masyayikh, serta para ketua PC GP Ansor Kabupaten Pacitan terdahulu beserta keluarganya," ujar Zainal, Selasa (23/4/2024).

Zainal menambahkan, PC GP Ansor Pacitan juga menyempatkan diri untuk berziarah ke makam para ketua PC GP Ansor Kabupaten Pacitan yang telah meninggal dunia.

"Berkat dedikasi dan perjuangan beliau-beliaulah, GP Ansor dapat berkembang pesat di Kabupaten Pacitan," tandasnya.

Selain silaturahmi, PC GP Ansor Pacitan juga memanfaatkan momen ini untuk memperkuat literasi sejarah organisasi. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut instruksi dari PP GP Ansor terkait Harlah ke-90 GP Ansor.

"Dalam rangka Harlah ke-90 GP Ansor, PC GP Ansor Kabupaten Pacitan akan melakukan penguatan literasi dengan menulis sejarah GP Ansor Kabupaten Pacitan," terang Zainal.

Zainal menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diawali dengan penggalian informasi dari para Ketua PC GP Ansor terdahulu dan tokoh-tokoh sejarah lainnya.

"Kami berharap, dengan adanya sejarah tertulis ini, para kader GP Ansor dapat memahami dengan lebih baik tentang perjuangan dan nilai-nilai luhur organisasi," harapnya.

Kegiatan silaturahmi dan penguatan literasi sejarah ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah KH. Moch. Sholeh, Ketua MUI Kabupaten Pacitan.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PC GP Ansor Pacitan ini," kata KH. Sholeh.

KH. Sholeh berpesan kepada para kader GP Ansor untuk terus menjaga tradisi dan sejarah organisasi.

"Sejarah adalah identitas. Dengan memahami sejarah, kita dapat belajar dari para pendahulu dan terus berkarya untuk memajukan organisasi," pungkas Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pacitan, Zainal Arifin. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.