Wisata

Pantai Midodaren, Wisata Modern Berkonsep Private Beach di Tulungagung

Senin, 29 Mei 2023 - 03:21
Pantai Midodaren, Wisata Modern Berkonsep Private Beach di Tulungagung Suasana di Pantai Midodaren Tulungagung. (FOTO: Beny S/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, TULUNGAGUNG – Berada di ujung selatan Jawa Timur yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Kabupaten Tulungagung memiliki banyak pantai yang indah. Salah satu kawasan pantai yang telah dikelola dengan apik saat ini adalah Pantai Midodaren.

Mengusung konsep private beach, tempat wisata yang dikelola PT. Taman Wisata Soemo Soeparto (TWSS) ini menjadi maskot baru dunia pariwisata Tulungagung.

Pantai Midodaren berada di Desa Besuki, Kecamatan Besuki. Dari pusat kota Tulungagung berjarak sekitar 35 kilometer ke arah selatan. Untuk menuju ke pantai Midodaren bisa ditempuh menggunakan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Begitu masuk kawasan pantai Midodaren, pengunjung akan melewati jalan yang sejuk dibawah rerimbunan pohon cemara. Masuk kawasan pantai pengunjung akan disambut dengan patung tokoh Gajah Mada yang mengacungkan keris menghadap ke laut.

Pantai midodaren memiliki pasir berwarna coklat dengan ombak yang tidak terlalu besar. Namun demi keamanan dan keselamatan pengunjung, pihak pengelola tidak mengijinkan pengunjung untuk berenang di laut.

"Disini kami memang melarang pengunjung untuk berenang di laut, untuk itu kami membangun kolam renang di tepi pantai yang bisa digunakan pengunjung untuk berenang," ujar General Manajer TWSS, Hariyanto, Minggu (28/5/2023).

Saat ini di kawasan Pantai Midodaren yang termasuk di dalamnya ada Semilir Resort, terdapat fasilitas private swimming pool berupa waterboom mini untuk anak-anak dan kolam renang dewasa. Wahana tersebut berada tepat di tepi pantai, sehingga pengunjung bisa berenang sambil menikmati angin pantai serta pemandangan laut lepas.

"Rencananya kami juga akan ada penambahan fasilitas lagi berupa taman air mancur di pantai yang bisa dipakai pengunjung untuk bermain dan mandi," ungkap Hariyanto.

Dilengkapi dengan fasilitas taman bermain untuk anak-anak, menjadikan pantai Midodaren sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Taman bermain dengan berbagai wahana permainan anak seperti ayunan, perosotan, papan jungkat jungkit ini berada di area pepohonan cemara. Sehingga cukup sejuk dan nyaman sebagai area bermain.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai namun enggan berpanas-panasan, di sepanjang pantai Midodaren terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Selain itu, sepanjang pantai yang cukup terjaga kebersihannya ini juga tersedia sejumlah ayunan dan juga gardu pandang.

Dengan Semilir Resort di dalamnya, saat ini pantai Midodaren menjadi satu-satunya wisata pantai di Tulungagung yang didalamnya terdapat fasilitas hotel berbintang. Cottage atau pondok penginapan Semilir Resort di pantai Midodaren berkonsep rumah pohon, berada di antara pepohonan cemara dengan pemandangan menghadap langsung ke arah pantai.

"Disini tersedia 19 cottage mulai dari kelas standar, superior, dan deluxe," ujar Hariyanto.

Hariyanto menjelaskan, tarif permalam untuk cottage kelas standar Rp. 950.000, superior Rp. 1.250.000, dan kelas deluxe Rp. 1.400.000. Di area resort juga tersedia bar dengan menu andalan kopi khas Semilir, resto konsep joglo dengan kapasitas 150 orang, serta fasilitas spa sebagai pelengkap. Semua fasilitas yang ada tersebut semuanya menghadap ke pantai.

Dengan suasana pantai yang sejuk dan indah dengan berbagai fasilitas yang tersedia, harga tiket masuk terbilang cukup ramah di kantong. HTM ke pantai Midodaren saat ini Rp. 15.000/orang, belum termasuk parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Untuk sementara waktu karena akses jalan menuju pantai Midodaren masih dilakukan perbaikan, saat ini wisatawan yang hendak berkunjung harus melalui pintu masuk kawasan wisata pantai gemah. Disitu pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp.8.000. Sehingga total tiket masuk yang harus dibayar pengunjung pantai Midodaren saat ini Rp. 23.000/orang.

"Nantu kalau akses ke Midodaren sudah jadi, HTMnya Rp. 20.000/orang," tutur Hariyanto.

Sementara itu salah seorang wisatawan asal Kediri, Arifudin Sukarno mengaku puas berkunjung ke Pantai Midodaren. Arif yang pada Minggu (28/5/2023) siang berlibur bersama istri dan anaknya mengatakan, ini merupakan kali kedua dia berwisata ke Pantai Midodaren. Menurutnya wisata pantai midodaren berbeda dengan wisata pantai pada umumnya. "Yang lain kan biasanya cuma pantai, kalau disini ada tambahan kolam renang, ada banyak view-view yang bagus untuk spot foto. Sangat rekomendasilah untuk liburan bareng keluarga," tutur Arif usai berenang bareng anaknya. (*)

Pewarta : Beny Setiawan (MG-454)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.