Wisata

Perahu Wisata di Pantai Marina Boom Banyuwangi Kembali Menggeliat

Rabu, 01 Desember 2021 - 15:40
Perahu Wisata di Pantai Marina Boom Banyuwangi Kembali Menggeliat Suasana Pantai Marina Boom Banyuwangi, di Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Dibukanya kembali destinasi wisata membawa angin segar bagi para pelaku perahu wisata di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Sektor wisata yang mulai menggeliat memungkinkan mereka meraup pundi-pundi rupiah.

Perahu wisata yang bernaung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Pantai Boom ini adalah salah satu wahana tempat wisata dijantung kota Banyuwangi. Letak dermaga yang berdampingan dengan wahana bermain anak-anak, membuat perahu wisata menjadi primadona wisatawan.

"Alhamdulillah, setelah wisata dibuka kembali, kami sudah kembali bekerja. Meskipun pengunjung belum pulih seperti dulu," ucap Ketua KUB Nelatan Pantai Boom, Bagyo, Rabu (1/12/2021).

Disebutkan, keberadaan wahana perahu wisata di Pantai Marina Boom, Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi, merupakan anugerah bagi para nelayan. Bisa menjadi sumber pendapatan di saat sepi hasil tangkapan.

Bagyo.jpg

Ketua KUB Nelayan Pantai Boom, Bagyo, saat berdiskusi dengan pihak PT PPI, selaku pengelola Pantai Marina Boom

"Saat ini anggota KUB kami berjumlah 60 orang nelayan. Ada yang dari warga Kampung Mandar, Kampung Ujung, Kampung Melayu dan daerah sekitar Pantai Marina Boom," ungkapnya.

Satu perahu, masih kata Bagyo, berawakkan dua orang nelayan. Satu orang bertugas sebagai nahkoda dan satu lagi pembantu nahkoda atau oleh warga lokal biasa disebut Matrus. Dengan menjadi pelaku perahu wisata, perekonomian nelayan banyak terbantu.

"Kami tidak dipungut pajak apapun. Namun dengan kesadaran, kami memberikan sharing pendapatan yang dikelola melalui KUB. Itu pun nilainya sangat kecil," jelasnya.

Karena berbentuk sharing, maka nominal menyesuaikan dengan ramai atau sepinya wisatawan pengguna perahu wisata.

Meski demikian, PT Pelindo Property Indonesia (PT PPI) selaku pengelola Pantai Marina Boom Banyuwangi, terus melakukan pendampingan. Khususnya dalam memberi edukasi kepada nelayan pelaku perahu wisata tentang bagaimana memberi pelayanan yang baik kepada pengunjung tempat wisata.

Pantai-Marina-Boom-2.jpg

Manager Area PT PPI Banyuwangi, Nurilma Septanti menyampaikan, keberadaan perahu wisata merupakan kerjasama antara perusahaan dengan nelayan. Sekaligus bentuk pemberdayaan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Perahu wisata merupakan bagian tak terpisahkan dari kami dalam memajukan sektor pariwisata daerah," katanya.

Tanti juga menambahkan, keterlibatan masyarakat adalah semangat perusahaan. Sebagai pendukung percepatan Pantai Marina Boom Banyuwangi, sebagai pelabuhan kapal pesiar internasional.

"Mayoritas pegawai kami juga masyarakat sekitar. Bahkan dalam kegiatan, kita memprioritaskan keterlibatan masyarakat. Karena berkat masyarakat pula kita bisa terus berbenah menjadi lebih baik," jelasnya selaku pengelola Pantai Marina Boom Banyuwangi. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.