Wisata

Wisata Taman Airlangga Pataan di Lamongan Mulai Dibangun

Senin, 02 Agustus 2021 - 15:53
Wisata Taman Airlangga Pataan di Lamongan Mulai Dibangun Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi  menandatangani prasasti pembangunan Taman Airlangga Pataan, di halaman kampus Unisla, Senin (2/8/2021). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Pembangunan taman wisata bernama Taman Airlangga Pataan, yang terletak di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan telah dimulai.

Pembangunan Taman Airlangga Pataan merupakan program kerjasama Kemenristek-BRIN, Komisi VII DPR RI, Pemkab Lamongan, Universitas Islam Lamongan (Unisla) serta Pemerintah Desa Pataan.

Lokasi wisata Taman Airlangga Pataan tersebut berada tak jauh dari kompleks Situs Candi Pataan yang diyakini sebagai peninggalan Raja Airlangga.

Dimulainya pembangunan Taman Airlangga Pataan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Nasyirul Falah Amru, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, Rektor Unisla, Bambang Eko Muljono serta Kepala Desa Pataan, Subakri Cahyo Utomo, di halaman kampus Unisla Jalan Veteran Lamongan, Senin (2/8/2021).

"Kita mendampingi keinginan pihak desa dan kelompok sadar wisata, memanfaatkan potensi yang sudah ada yang pernah digali, kemudian kita koneksikan dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional, kemudian kita bantu desainnya," kata Bambang, sesaat setelah penandatanganan prasasti.

Pada kesempatan itu, Bambang juga mengungkapkan bahwa Taman Airlangga Pataan dibangun untuk melengkapi keberadaan Situs Candi Pataan, dengan harapan dapat menambah daya tarik untuk mendatangkan wisatawan.

"Taman wisata ini di luar kompleks candi, dan nanti akan dikelola oleh BUMDes. Jadi ini untuk mendukung orang melihat candi dan sekaligus berwisata di taman ini," ujarnya.

Keberadaan dua destinasi wisata tersebut juga diharapkan dapat memicu geliat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Ada bebebrapa temuan di sana yang berkaitan dengan sumberdaya alam. Sudah kita diskusikan dengan Kepala Desa dan aparat untuk diproduksi bersama BUMDes. Contohnya di hutan sana banyak secang, ini akan kita optimalkan. Nanti juga bisa dibuka persewaan motor trail," kata Bambang.

Sementara Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi berharap pengembangan wisata melalui pembangunan Taman Airlangga Pataan dapat semangat kebangkitan sektor wisata dan UMKM  Lamongan dari belenggu pandemi Covid-19.

"Dengan dikembangkannya taman wisata pataan ini menunjukkan bahwa kejayaan Lamongan sudah dimulai pada saat-saat yang lalu. Harapan saya hal ini (Situs Candi Pataan dan Taman Airlangga Pataan) menjadi simbol sejarah bagi kita yang akan menjadi spirit masyarakat Lamongan untuk mencapai kejayaan, sebagaimana visi kami adalah mencapai kejayaan Kabupaten Lamongan," kata Yuhronur. (*)

Pewarta : MFA Rohmatillah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.