https://jatim.times.co.id/
Wisata

Pantai Licin Lebakharjo, Mutiara Hitam di Selatan Malang

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:17
Pantai Licin Lebakharjo, Mutiara Hitam di Selatan Malang Obyek wisata Pantai Licin di Lebakharjo, Ampelgading, Kabupaten Malang. (FOTO: Deffi Sasmita for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki banyak wisata pantai yang indah. Pantai Licin salah satunya. Pantai yang memiliki pasir pantai berwarna hitam ini menyuguhkan pasir yang bersih dan keindahan pantai laut selatan.

Obyek wisata Pantai Licin cocok untuk wisata keluarga dan dapatkan sensasi perjalanan liburan di Malang yang menyenangkan. 

Pantai Licin terletak di area Sawah/Kebun, Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading. Lokasi pantai ini juga terletak di pesisir selatan pulau Jawa dan juga terletak di tepi Samudera Indonesia, sehingga memiliki kualitas ombak yang baik.

Pada sekitar tahun 1960-an kawasan ini sangat licin akibat lumut yang menempel di bebatuan dan pohon-pohon. Hal ini disebabkan perkampungan dan sekitar pantai merupakan hutan yang sangat lebat, dan seiring berjalannya waktu, warga setempat menamakannya pantai ini dengan sebutan Pantai Licin. Pantai ini tergolong pantai baru dikenal oleh masyarakat namun meskipun begitu pengunjung di pantai ini sangat banyak.

Pantai Licin memang layak mendapatkan julukan mutiara hitam di Malang. Alasannya sederhana, pantai ini unik dan berbeda dari pantai lain di Malang. Pasirnya berwarna hitam yang menjadi pertanda bahwa keberadaannya dipengaruhi aktivitas vulkanik. Hamparan pasir hitam itu berasal dari lahar Gunung Semeru. Lahar Semeru dulu dialirkan melalui Sungai Glidik yang bermuara di sisi timur pantai. Meski pasirnya hitam, pasir di sini sangat lembut sehingga kita tidak perlu menggunakan alas kaki.

Pantai-Licin-malang.jpg

Di sisi lain, anda juga bisa melihat pemandangan gunung karang yang indah. Jika beruntung, anda juga bisa melihat Pulau Nusa Barung yang masuk wilayah Jember. Di Pantai Licin anda dapat melihat aktivitas nelayan yang berlalu lalang mencari ikan. Dan potensi ikan di area pantai ini sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ikan di daerah Ampelgading dan sekitarnya, terdapat juga tempat pelelangan ikan di Pantai Licin. Anda juga bisa menikmati camping di area Pantai Licin yang ingin menikmati suasana malam di pantai ini.

Pantai Licin merupakan salah satu pantai yang memiliki lokasi strategis untuk menyaksikan matahari tenggelam yang menakjubkan. Pantai yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa dan tepi Samudera Indonesia ini memiliki rute yang sangat menarik untuk di tempuh. Rute ini juga cukup menarik karena wisatawan perlu menempuhnya dengan motor yang membuat adrenalin juga teruji. Rute yang harus kita tempuh juga memiliki lumut yang cukup banyak. Oleh karena itu, pantai yang satu ini dinamakan “Pantai Licin”. Tak hanya itu, rute jalanan yang ditempuh juga cukup curam, sehingga perlu berhati-hati saat berkendara.

Wisatawan yang datang ke Pantai Licin tak perlu membayar tiket. masuk. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp.5,000 untuk membayar parkir motor.

Berlibur di pantai tak akan lengkap ketika anda melewatkan aktivitas bermain air. Rasakan keseruan bermandi-mandi dengan segarnya air laut Pantai Licin bersama keluarga tercinta. Dijamin liburan anda bersama keluarga akan berjalan dengan menyenangkan dan tak terlupakan saat mengunjungi Pantai Licin Malang. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.