Wisata

Lakukan Penilaian ADWI di Wisata Desa Tirta Agung Bondowoso, Ini Saran Sandiaga Uno

Minggu, 07 Agustus 2022 - 18:12
Lakukan Penilaian ADWI di Wisata Desa Tirta Agung Bondowoso, Ini Saran Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melakukan penilaian ADWI 2022 di wisata desa Tirta Agung Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI), Sandiaga Uno berkunjung ke objek wisata desa Tirta Agung, Kecamatan Sumberwringin Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (7/8/2022).

Kedatangan Sandiaga Uno dalam rangka penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Tirta Agung yang sebelumnya masuk 50 besar. Dari 50 wisata desa itu nanti akan diambil 10 besar desa wisata nasional. 

Dalam kesempatan tersebut, mantan wakil Gubernur DKI Jakarta berharap, setelah dilakukan penilaian dan diresmikan, agar terus dilakukan pengembangan. 

Sebab kata dia, ADWI 2022 bertujuan untuk mendorong konsep wisata yang bisa menggerakkan ekonomi, dan membuka peluang usaha, dan lapangan kerja. "Ini tidak boleh berhenti di sini," kata dia saat dikonfirmasi.

Menurutnya, Kemenparekraf mencatat, bahwa tahun lalu berkat program ADWI terjadi peningkatan kunjungan hingga 30 persen. 

Namun demikian kata Sandi, untuk menuju itu semua juga perlu meningkatkan akurasi produk-produk ekonomi kreatif. 

Dengan produk ekonomi kreatif, lanjut dia, para pengunjung tak menjadi Rohali (rombongan yang hanya lihat-lihat). Tetapi didorong menjadi Rojali (Rombongan yang jadi beli) produk-produk ekonomi kreatif. 

"Dan mudah-mudahan bisa menggerakkan ekonomi, dan membuka peluang usaha, dan lapangan kerja," tuturnya. 

Selain itu, pria yang akrab dipanggil mas menteri ini juga meminta agar ke depan juga dikembangkan padi organik di Tirta Agung. 

"Jadi buat spot fotografi sangat potensi dan bisa dibuat juga lomba fotografi di wisata Tirta Agung ini," sarannya. 

Dikonfirmasi di lokasi yang sama, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat optimis wisata Tirta Agung bisa tembus 10 besar ADWI 2022 ini. 

Sebab dalam pengembangan wisata Tirta Agung sendiri tak hanya memamerkan wisata alam saja. Melainkan juga ekonomi kreatif, pemuda yang melek media, dan juga telah menjadi desa budaya. "Ini menjadi nilai plus," paparnya. (*) 

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.