Wisata

Wisata Bumi Ganjaran, Inovasi Kepala Desa Pajangan di Lamongan

Senin, 05 Juli 2021 - 14:14
Wisata Bumi Ganjaran, Inovasi Kepala Desa Pajangan di Lamongan Wisata Bumi Ganjaran Desa Pajangan, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin (05/07/2021). (Foto : Kades Pajangan, Ahmad Baidlowi for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Di masa pandemi Covid-19, pengembangan Desa Wisata kian gencar dilakukan sejumlah daerah termasuk Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Di Desa Pajangan, Kecamatan Sukodadi, ganjaran atau bengkok Kepala Desa (Kades) seluas 2,5 Hektare disulap menjadi Wisata Bumi Ganjaran.

Kades Pajangan Ahmad Baidlowi mengungkapkan, dirinya memanfaatkan ganjaran atau bengkok yang terletak di tengah persawahan untuk dijadikan wisata desa atas inisiatifnya bersama warga.

Aba Wi sapaan akrab Ahmad Baidlowi mengakui, wisata tersebut masih dalam proses pengembangan. Menurutnya, dari ganjaran Kades Pajangan seluas 4 hektare, yang 2,5 hektare ia jadikan wisata.

"Karena dari ganjaran, makanya wisata ini saya namai Wisata Bumi Ganjaran. Tapi saat ini belum resmi dibuka karena masih pandemi. Apalagi saat ini pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat," ujar Ahmad Baidlowi, Senin (5/7/2021).         

Aba Wi menyampaikan, ada beberapa fasilitas yang nantinya bisa nikmati oleh wisatawan lokal yakni, gazebo dan perahu.  Tak hanya itu, jelas Aba Wi, kenapa wisata ini bisa menjadi alternatif baru untuk warga lamongan dan sekitarnya karena kolamnya telah dipelihara beberapa jenis ikan. 

"Kolamnya juga kami isi beberapa jenis ikan tombro (emas), bandeng dan lele. Praktisnya, bisa jadi wisata pemancingan. Gubuk-gubukan (gazebo) juga ada, perahunya berjumlah 20 buah yang bisa dinikmati para wisatawan," ujarnya.

Aba Wi menjelaskan, akses jalan masuk ke Wisata Bumi Ganjaran tersebut hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua karena lokasinya ditengah-tengah persawahan.

"Kalaupun nanti wisatawan yang membawa mobil harus jalan kaki sejauh 300 meter. Makanya, kedepan rencana kita juga akan menyediakan ojek agar bisa memulihkan ekonomi warga sekitar," ucapnya. 

Tak hanya itu saja, ungkap Aba Wi, pihaknya juga berencana akan menggeliatkan ekonomi khususnya di Desa Pajangan dengan memanfaatkan UMKM yang dimiliki oleh warga. 

"Di sini juga ada minuman tradisional (jamu), mungkin nanti bisa dipasarkan di sekitar lokasi Wisata Bumi Ganjaran. Jadi hal ini kan sedikit banyak akan meringankan tugas dari Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk pemulihan ekonomi," tutur Kades Pajangan Kecamatan Sukodadi itu. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.