Wisata

6 Pantai di Alas Purwo yang Nggak Kalah Indah dan Cocok untuk Healing

Selasa, 23 Mei 2023 - 02:22
6 Pantai di Alas Purwo yang Nggak Kalah Indah dan Cocok untuk Healing Tukik-tukik yang baru dilepas di Pantai Ngagelan. (Foto : Doc. TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGITaman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi yang sudah tidak asing lagi di pendengaran. Tempat wisata di kabupaten paling ujung Pulau Jawa ini, meski kental akan kesan angker dan mistis nyatanya mempunyai pantai-pantai yang sangat menawan loh. Berikut rekomendasi pantai yang cocok untuk kalian jadikan tempat healing.

1. Pantai Plengkung

Pantai-Plengkung.jpgWisatawan yang sedang surfing di Pantai Plengkung.

Siapa sih yang nggak tau Pantai Plengkung? Bagi kamu pecinta olahraga surfing akan sangat  senang berlama-lama di pantai ini. Pantai yang diberi julukan The Seven Giant Waves Wonder yang berarti salah satu dari tujuh tempat surfing terbaik di dunia. Dulunya pernah diadakan beberapa lomba selancar internasional loh, salah satunya adalah Quiksilver Pro Surfing Championship pada tahun 1995, 1996, dan 1997. Hm, menarik sekali ya! 

Tidak mengherankan jika melihat Pantai Plengkung yang mempunyai empat jenis ombak. Para peselancar menyebut ombak paling kecil dengan istilah chickens, speedies, dan monkey trees. Sedangkan ombak terbesar dinamai dengan kongs. Jika kamu tertarik, waktu yang tepat untuk kemari adalah pada bulan Juli sampai September setiap tahunnya, karena di bulan-bulan tersebut ombak di pantai ini sedang bagus-bagusnya untuk surfing.

2. Pantai Pancur

Sebelum sampai ke Pantai Plengkung kamu akan disuguhkan oleh bagian luar Pantai Pancur. Nama Pantai Pancur sendiri sesuai dengan apa yang ada di dalamnya. Sebuah aliran sungai  berair tawar yang menyerupai air terjun kecil sehingga disebut pancur atau air mancur. Alirannya mengalir sepanjang waktu sehingga menyerupai air terjun sungguhan, dan akan berakhir ke lautan.

Eits! Jangan salah. Pemandangan di sini nggak kalah dengan yang ada di Pantai Plengkung. Hamparan pasir putih sepanjang pantai yang dihiasi bebatuan berbagai ukuran di beberapa sisi serta birunya air laut yang jernih akan sangat memanjakan mata kamu. 

3. Pantai Trianggulasi

Pantai-Trianggulasi.jpgSuasana Pantai Trianggulasi yang sepi dan dan tentram. (Foto : Doc. TIMES Indonesia)

Kamu ingin liburan serasa di pantai pribadi? Inilah jawabannya. Berbeda dengan dua pantai di atas, Trianggulasi memiliki suasana yang sepi dan sangat alami. Sangat cocok untuk kamu yang ingin suasana yang tenang dan tenteram. Pikiran semrawutmu akan teratasi disini. Ditemani oleh angin sepoi-sepoi dan ayunan di salah satu pohonnya.

 4. Pantai Ngagelan 

Keunikan yang dimiliki oleh Pantai Ngagelan dibanding yang lain, yaitu kamu bisa melihat penyu bertelur saat malam hari. Selain itu di sinilah proses pelepasan anak penyu ke lautan dilakukan. 

Ada sekitar 4 jenis penyu yang dikonservasi. Penyu Lekang atau yang biasa dikenal dengan nama Penyu Abu-Abu. Ada juga Penyu Sisik, Penyu Belimbing dan juga Penyu Hijau. Jika kamu ingin melihat proses penyu-penyu tersebut bertelur, maka kamu bisa mendirikan tenda di bibir pantai dan menginap di Pantai Ngagelan. Tapi... sssttt! Jangan ramai-ramai ya. Penyunya biar nggak kabur dan bisa bertelur dengan leluasa.

5. Pantai Teluk Biru

Surga dunia lainnya yang tersembunyi dan masih jarang ditemui, nih. Pantai Teluk Biru atau Pantai Teluk Banyu Biru memiliki air yang sangat biru dan jernih sehingga kamu bisa melihat dengan jelas biota laut di dalamnya. Lakukanlah kegiatan snorkeling supaya kamu dapat meet up dengan berbagai macam ragam terumbu karang, ganggang, ikan, serta biota laut lainnya yang dilindungi oleh kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

6. Pantai Cungur

Bagi para pecinta burung dan fotografer, yuk merapat!

Burung-burung liar lokal maupun migran datang setiap tahunnya di sini. Hal ini tentu saja juga menarik minat para peneliti untuk melakukan kegiatan di sini. Ditambah dengan pemandangan sunset tepi pantai pada sore hari dan hilir mudik kapal-kapal nelayan yang bersandar di pelabuhan Grajagan sangat disayangkan untuk dilewatkan.(*)

Pewarta: Febrianti Sulistiyaningrum

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.