Wisata

Kunjungi Wisata Setigi di Desa Sekapuk Gresik, Gus Menteri Takjub

Jumat, 15 Oktober 2021 - 18:00
Kunjungi Wisata Setigi di Desa Sekapuk Gresik, Gus Menteri Takjub Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat berkunjung ke Desa Wisata Setigi, Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jumat (15/10/2021).(Dok.Kemendes PDTT)

TIMES JATIM, GRESIK – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT RI), Abdul Halim Iskandar mengunjungi Desa Wisata Setigi milik Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Dalam kunjungannya itu, Abdul Halim atau Gus Menteri mengapresiasi Desa Sekapuk karena telah berhasil menyulap tempat pembuangan sampah yang kumuh menjadi tempat wisata yang indah dan menarik.

"Inilah yang selalu saya katakan, kalau mau membuat desa wisata buatlah desa wisata alam karena tidak dibatasi umur, ini sampai anak cucu kita masih senang karena alami," kata Gus Menteri di Sekapuk, Jumat (15/10/2021).

Mendes-Sekapuk-2.jpg

Menurut Menteri Halim, Setigi merupakan desa wisata yang patut dicontoh oleh desa-desa lainnya di Indonesia, karena Setigi memanfaatkan keindahan alam dan menjaga kearifan lokal setempat.

"Saya mengajak semua warga desa, sahabat desa untuk datang ke sini, baik itu aparat desa pengurus BUMDes, pengelola desa wisata, disamping berwisata silakan belajar dari pengalaman Pak Kades Sekapuk dalam melakukan inovasi," imbuhnya.

Selanjutnya, Menteri Halim yang didampingi sang istri, Lilik Umi Nashriyah diajak meninjau pembangunan desa wisata kedua milik Desa Sekapuk yaitu Agrowisata Kebun Pak Inggih atau KPI yang didalamnya terdapat Monumen Ratu Agro.

Mendes-Sekapuk-3.jpg

Sekedar informasi, Setigi merupakan desa wisata yang dibangun dari bekas galian tambang batu kapur dan sempat menjadi tempat pembuangan sampah kemudian disulap menjadi destinasi wisata yang indah dan instagramable

Berkat kreativitas dan inovasi Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim kini Wisata Setigi menjadi salah satu wisata favorit di Jatim, dari Setigi dan unit usaha lain milik BUMDes Desa Sekapuk bisa meraup laba bersih Rp 9,9 miliar dalam setahun.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.