Wisata

Ini Lho 5 Lokasi Wisata Alam Yang Wajib Dicoba saat Liburan ke Banyuwangi

Rabu, 24 November 2021 - 01:22
Ini Lho 5 Lokasi Wisata Alam Yang Wajib Dicoba saat Liburan ke Banyuwangi Wisatawan saat berkunjung ke Destinasi Wisata Akan Kawah Ijen Banyuwangi. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Terkenal dengan surganya destinasi wisata, Kabupaten Banyuwangi tak henti-hentinya menawarkan keindahan alam bagi kalian para penikmat liburan di akhir pekan.

Memiliki luas wilayah 5,782.50 kilometer persegi yang terdiri dari 25 Kecamatan, 28 Kelurahan dan 189 desa. Ratusan destinasi wisata asik berbasis alam dan buatan bisa anda jumpai di kabupaten paling timur pulau Jawa ini.

Berikut TIMES Indonesia merekomendasikan 5 lokasi destinasi wisata alam yang bisa dijadikan referensi berlibur bersama teman maupun keluarga.

1. Kawah Ijen

Tempat wisata yang sudah terkenal hingga mancanegara ini terletak di dua kabupaten sekaligus yakni Bondowoso dan, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Menawarkan keindahan puncak gunung dengan kawahnya yang berwarna hijau kebiruan, menjadikan Kawah Ijen sebagai lokasi yang tepat untuk memanjakan mata para wisatawan.

Di sini para wisatawan yang datang juga akan disuguhkan dengan fenomena api biru atau blue fire yang hanya ada dua lokasi saja di dunia, yakni di kawah Ijen Banyuwangi dan di Islandia.

Waktu pendakian di kawasan wisata kawah Ijen ini dimulai dari pukul 03.00 WIB hingga 12.00 WIB. Para wisatawan pun tidak perlu khawatir kehabisan bekal untuk perjalanan pendakian, karena sebelum pintu masuk, banyak ditemui para pedagang makanan hingga minum yang buka selama 24 jam.

2. Teluk Hijau (Green Bay)

Wisatawan-saat-berkunjung-ke-Destinasi-Wisata-Akan-Kawah-Ijen-Banyuwangi-2.jpg

Hamparan pasir putih dan pantainya yang berwarna hijau membuat mata siapa saja yang memandangi akan terbelalak, dengan pemandangan alamnya yang masih asri, ditambah lagi dengan desiran ombak yang menghantam pasir maupun bebatuan, membuat pantai Teluk Hijau digemari oleh kalangan pecinta wisata pantai.

Berlokasi di Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Wisata berbasis alam yang satu ini dapat dikunjungi pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Lokasinya yang berada jauh di dalam hutan membuat pantai teluk hijau terjaga keasriannya. Masih dalam kawasan taman nasional Meru Betiri, pantai ini banyak disebut oleh para wisatawan mirip dengan Phi Phi Island di Thailand.

Dikarenakan ada di dalam hutan, bagi para wisatawan yang ingin berkunjung bisa melalui jalur darat sepanjang 3 kilometer dari pintu masuk, atau menyewa perahu milik nelayan sekitar.

3. Pulau Merah (Red Island)

Sesuai dengan namanya, hamparan pasir yang ada di kawasan destinasi wisata ini memang berwarna putih kemerahan. Perpaduan warna merah dengan beningnya air di pinggiran pantai dan biru di tengahnya membuat hati para pengunjung yang datang menjadi sejuk dan tenang.

Selain itu nama pulau merah sendiri juga merujuk pada sebuah bukit setinggi sekitar 200 meter yang terletak di pinggir pantai. Bukit tersebut juga berwarna merah dengan ditumbuhi berbagai vegetasi pantai.

Berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pantai Pulau Merah ini bisa dikunjungi wisatawan pada pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Tak hanya menawarkan keindahan pantainya, di pulau merah Banyuwangi juga memiliki ombak yang ideal untuk berolahraga selancar atau surfing. Dengan tinggi gelombang 3-5 meter, para wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung untuk menaklukkan ombak di pantai pulau merah Banyuwangi.

4. D'Jawatan

Wisatawan-saat-berkunjung-ke-Destinasi-Wisata-Akan-Kawah-Ijen-Banyuwangi-3.jpg

Memiliki sebutan Loard Of The Rings-Nya Bumi Blambangan, kawasan wisata alam D'Jawatan Banyuwangi memang benar-benar asik untuk dikunjungi. Karena disinilah para wisatawan akan menemukan pohon berusia tua hingga 300 tahun.

Perpaduan hamparan rumput hijau dengan rimbunnya pepohonan tua membuat lokasi wisata ini terasa sejuk dan segar di mata. Bahkan tak sedikit pula para muda-mudi hingga orang tua yang mengajak rombongan keluarga, menjadikan tempat wisata ini sebagai spot foto yang Instagramable.

Di pinggiran lokasi wisata berjejer para penjual makanan dan minuman yang siap menyambut wisatawan apabila rasa lapar maupun harus menghampiri. Soal harga para penikmat wisata tak perlu khawatir, karena deretan penjual ini merupakan UMKM lokal yang mematok harga dengan sangat ramah dikantong.

Mini hutan lebat yang ada di tengah pusat perumahan penduduk ini terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

5. Pantai Sukamade

Pantai yang bagaikan surga tersembunyi di Kabupaten Banyuwangi ini menawarkan keindahan alam sekaligus melihat penangkaran tukik atau bayi penyu. Pasirnya yang bertempur hangat hingga kelestarian alam yang masih terjaga membuat para penyu penjelajah dunia mampir untuk bertelur di lokasi wisata ini.

Bagi para pengunjung yang menginap pastinya akan mendapatkan kesempatan melepas tukik atau anak penyu yang lucu di Pantai Sukamade. Setelah sebelumnya selama hampir dua bulan penyu imut tersebut ditetaskan secara semi alami di penangkaran miliki Balai Taman Nasional Meru Betiri.

Selebihnya para wisatawan juga dapat melihat langsung penangkaran telur penyu berbagai jenis, mulai dari Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Hijau, Hingga Penyu Lekang.

Dikarenakan ada di tengah hutan yang masuk kawasan Balai Taman Nasional Meru Betiri, para wisatawan dianjurkan untuk memakai kendaraan yang tangguh saat menuju lokasi destinasi wisata alam ini. Selain medannya yang cukup berat, rimbunnya pohon di hutan juga menjadi tantangan tersendiri saat melakukan perjalanan menuju lokasi.

Berlokasi di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, destinasi wisata alam dan konservasi penyu ini dibuka selama 24 jam. Sehingga para wisatawan bisa memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke wisata ini.

Keren bukan? itu tadi rekomendasi destinasi wisata alam di Kabupaten Banyuwangi yang bisa dinikmati setiap saat. Pastinya akan membuat liburan jadi lebih berkesan dan penuh dengan petualangan. (*)

Pewarta : Riswan Efendi (MG-307)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.