Pendidikan

Dewan Dukung Rencana Unesa Buka Kampus di Magetan

Rabu, 05 Mei 2021 - 22:56
Dewan Dukung Rencana Unesa Buka Kampus di Magetan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Pangayoman saat menrima cinderamata dari Rektor Unesa. (Foto: Diskominfo Magetan)

TIMES JATIM, MAGETAN – Komitmen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka kampus di Magetan mendapat dukungan dari dukungan dari Ketua DPRD Magetan, Sujatno.

Sujatno mengatakan meski belum mendapatkan surat secara resmi, dirinya mendukung sepenuhnya jika Unesa membuka kampus di Magetan. 

Unesa Buka Kampus di Magetan 2

"Ini program bagus dan nyata. Kami mendukung sepenuhnya meski kami belum mendapat pemberitahuan resmi dari Pemkab," ujar Sujatno pada TIMES Indonesia, Rabu (5/5/2021).

Dalam Forum Group Discussion (FGD) PSDKU di Gedung Student Center Unesa Surabaya pada Rabu (5/5/2021), Wakil Ketua DPRD Magetan, Pangayoman menjelaskan, saat ini Unesa membahas tentang hasil studi kelayakan, naskah akademik, master plan hingga usulan PSDKU.

"Setelah melakukan MoU, Unesa melakukan uji kelayakan dengan hasil surveinya Magetan layak untuk didirikan Kampus Unesa karena respon masyarakat juga bagus dan mendukung, tetapi sekarang hanya menunggu prosesnya baru dari Unesa akan menyalurkan anggaran untuk pembangunan kampus," ujar Magetan, Pangayoman saat dihubungi TIMES Indonesia.

Unesa Buka Kampus di Magetan 3

Rencananya, pembangunan Kampus Unesa akan dilakukan di Maospati dan saat ini masih dalam proses meminta persetujuan dari DPRD Magetan.

Maospati dipilih dengan pertimbangan aksebilitas, luasan, daya dukung masyarakat, nilai tambah, posisi lahan, dan historisnya.

"Insyaallah akan kami bahas, tapi kalau tujuannya baik, kami dari DPRD pasti mendukung dan mendorong agar prosesnya lancar," jelas Pangayoman yang juga menghadiri FGD antara Pemkab Magetan dengan Unesa di Hotel Unesa Surabaya pada 5 - 6 Mei 2021.

Salah seorang warga asli Magetan, Muries Subiantor, mengatakan rencana Unesa yang membuka kampus di Magetan dapat berdampak baik bagi dunia pendidikan di Magetan. 

"Saya mengapresiasi rencana Unesa mau membuka kampus di Magetan. Selama ini Magetan itu minim kampus sehingga pemudanya kurang dinamis meski banyak yang menempuh perguruan tinggi di luar kota," ungkapnya kepada TIMES Indonesia.

Dengan adanya Unesa di Magetan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya generasi muda Magetan akan lebih terlihat serta pergerakannya pun lebih dinamis dan terintegritas 

"Ketika ada Unesa dalam konteks universitas, bisa menyerap calon mahasiswa lokal Magetan sehingga memiliki pemikiran yang dinamis untuk maju menunjukkan inovasi dan kreatifitas yang tentunya akan memajukan Magetan," jelasnya.

Pihaknya membandingkan sebuah daerah yang memiliki banyak universitas di dalamnya, seperti Kota Madiun dan Ponorogo, dengan banyaknya perguruan tinggi di daerah tersebut, generasi mudanya terlihat lebih dinamis dan menonjol melalui pergerakan himpunan mahasiswa yang lebih dinamis. 

"Kita lihat pergerakan generasi pemuda dari dua daerah tersebut, mereka lebih dinamis melalui pergerakan mahasiswanya, " kata Muries Subiantoro terkait Unesa yang akan membuka Kampus di Magetan. (*)

Pewarta : Aditya Candra
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.