Pendidikan

KKM-DR UIN Maliki Malang Gelar Teras Inspirasi di Jombang

Jumat, 22 Januari 2021 - 13:52
KKM-DR UIN Maliki Malang Gelar Teras Inspirasi di Jombang Kegiatan terasi inspirasi di TPQ Al-Huda. (Foto: Unzila Nur Laili For TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANGKuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR) UIN Maliki Malang Kelompok Desa Mojotengah menggelar kegiatan Teras Inspirasi di TPQ Al-Huda, Dusun Mojoanyar, Desa Mojotengah, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

"Kami memilih mengabdi pada sektor pendidikan karena dunia pendidikan memiliki peran penting dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa. Selain itu, di TPQ Al-Huda kekurangan tenaga pengajar dan hanya TPQ lah sektor pendidikan yang sudah mulai beraktivitas kembali," ujar Unzila Nur Laili kepada TIMES Indonesia, Jumat (22/1/2021).

Unzila Nur Laili menuturkan, kegiatan Teras Inspirasi adalah kegiatan seorang profesional dibidangnya terjun ke dunia pendidikan untuk berbagi cerita mengenai profesinya. Teras inspirasi ini dilakukan guna menambah wawasan dan menumbuhkan semangat adik-adik TPQ untuk meraih cita-cita.

"Teras Inspirasi ini berkolaborasi dengan Kak Robi yang merupakan salah satu relawan pengajar yang berprofesi sebagai penyiar radio di Jombang. Dengan harapan dapat menciptakan inovasi pembelajaran di TPQ. Pengenalan salah satu profesi ini merupakan langkah awal meningkatkan semangat santri TPQ Al-Huda dalam meraih cita-cita," ujar Unzila Nur Laili.

Unzila menuturkan, awal kegiatan Teras Inspirasi para santri mendapatkan head piece sebegai tanda identitas disertai dengan cita-cita mereka. Kemudian santri dikenalkan dengan berbagai alat yang digunakan penyiar radio, seperti micropone, headphone, audiomixer dan alat pemancar.

"Para santri mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan menjadi penyiar radio dengan dipandu oleh Kak Robi. Dipenghujung kegiatan santri kembali diminta untuk menuliskan cita-cita mereka pada surat cita-cita yang kami bagikan," imbuhnya.

Anggota KKM-DR Desa Mojotengah ini terdiri dari dua mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Fakultas Saintek) UIN Maliki Malang, yaitu Unzila Nur Laili dan Muhimmatul Karimah. Kegiatan Teras Inspirasi ini dilaksanakan pada Kamis (21/1/2021) pukul 15.30 WIB.

"Dengan adanya pemberian wawasan mengenai dunia profesi kepada para santri, kami berharap dapat meningkatkan semangat dalam belajar khususnya ketika mengaji di TPQ," kata mahasiswa KKM-DR UIN Maliki Malang ini. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.