https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Harlah ke-60 UIN Maliki Malang Bertabur Apresiasi Santri Berprestasi

Rabu, 27 Oktober 2021 - 22:20
Harlah ke-60 UIN Maliki Malang Bertabur Apresiasi Santri Berprestasi Pelaksanaan lomba baca kitab kuning dalam rangka Harlah ke-60 UIN Maliki Malang dan HSN 2021 secara virtual. (Foto: Tangkapan layar)

TIMES JATIM, MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) merupakan hari lahirnya yang ke-60 tahun (Harlah ke-60). Dalam perayaan ini, rentetan agenda demi agenda telah dilaksanakan.

Kampus Ulul Albab ini memasang target menjadi PTKIN yang unggul dan bereputasi internasional. Untuk itu input yang bagus di bidang keagamaan menjadi salah satu hal yang penting untuk menyongsong visi tersebut.

UIN Maliki Malang merayakan harlah sekaligus Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021. Pihak kampus memberikan apresiasi bagi santri yang pandai membaca kitab kuning untuk dapat masuk di prodi keagamaan.

Dalam kegiatan lain akan diadakan lomba yang dapat menarik input yang bagus di bidang sains.

Wakil Rektor Bidang AUPK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, S.Ag, M.Si mengatakan peringatan Harlah ke-60 UIN Maliki Malanh dan HSN 2022 ini berlangsung semarak.

Agendanya antara lain perlombaan, bakti sosial, khataman al-Quran hingga penghargaan bagi para alumni. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 26 Oktober sampai 5 November 2021.

“Acara ini sebagai bentuk apresiasi pihak kampus bagi para santri, dosen, mahasiswa dan alumni yang memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai keislaman yang moderat," ungkapnya.

“Santri identik ngaji kitab kuning, mengaji qowaid nahwu-shorof dan sosok yang mandiri. Makanya santri yang mengikuti lomba dan menjadi juara 1-3 kategori lomba baca kitab dan hafalan nadhom akan diberikan kemudahan gratis masuk prodi keagamaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," imbuh Ilfi.

Senada dengan Ilfi, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag menambahkan jika lomba yang digelar disesuaikan dengan dunia santri seperti lomba baca kitab Fathul Qorib, hafalan Alfiyah, Imrithi, Aqidatul Awam, dan Kajian Keagamaan.

“Lomba tersebut dilaksanakan mulai hari ini via online. Lomba desain logo, maskot dan video kreatif juga dilaksanakan di hari yang sama," ujar Gus Is sapaan akrabnya.

Sementara Ketua Pelaksana Hari Lahir ke-60 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 Dr. H. Nur Ali, M.Pd menegaskan selain lomba untuk para santri, pihak kampus juga menggelar penulisan Book Chapter.

Tema besarnya adalah “Santri Penggerak, Santri Merdeka”. Adapun sub-tema yang ditulis di dalam buku berkaitan dengan santri di era pandemi, santri dan bonus demografi, santri millenial di era society 5.0, transformasi pesantren, Indonesia di mata santri dan problem sosial.

“Book Chapter sebagai wadah untuk menuangkan gagasan para santri, dosen, mahasiswa dan alumni lewat karya yang berkualitas," tegas Nur Ali.

Pria asal Lamongan tersebut menambahkan pihak kampus juga tak ketinggalan untuk melibat masyarakat dalam semarak hari lahir kampus dan HSN kali ini. Yaitu dengan memfasilitasi masyarakat dengan menggelar sunatan gratis.

“Khotaman al-quran, pembinaan mental spiritual, sholawatan dan senam juga ikut meramaikan Harlah ke-60 UIN Maliki Malang dan juga Hari Santri Nasional," pungkasnya. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.