Pendidikan

Prodi Pendidikan Bahas Jerman UM Kenalkan Pembelajaran EDDU

Selasa, 08 September 2020 - 13:11
Prodi Pendidikan Bahas Jerman UM Kenalkan Pembelajaran EDDU Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang. (Foto: Dok. Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM)

TIMES JATIM, MALANG – Pemanfaatan internet dan media digital di Era Revolusi 4.0, memudahkan pembelajaran dari bentuk kelas konvensional menjadi kelas digital dengan berbagai macam platform dan aplikasi. Pemanfaatan teknologi ini juga menjadi upaya pendukung pembelajaran mandiri dan menjadi solusi pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Untuk merespon kebutuhan pengajar bahasa Jerman ditengah pandemi ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ) Universitas Negeri Malang (UM) pada bulan September 2020 telah menyelenggarakan pelatihan peningkatan profesionalisme guru Bahasa Jerman kota Malang yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jerman. 

Pelatihan penggunaan Erfolgreich Digitalen Deutsch Unterrichten (EDDU) ini dilaksanakan oleh dosen-dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jerman yaitu, Dr Dewi Kartika Ardiyani MPd, Dr Edy Hidayat, dan Dr Primardiana HW serta dibantu oleh mahasiswa PSPBJ UM sebagai co-fasilitator.  Pelatihan ini terselenggara melalui kerjasama dengan MGMP Bahasa Jerman kota Malang yang melibatkan 15 guru Bahasa Jerman dari kota Malang. Peserta  mengikuti pelatihan ini dengan antusias selama 2 kali pertemuan pada tanggal 23 dan 30 Agustus bertempat di SMA Negeri 2 Malang dan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. 

Pendidikan Bahasa Jerman 2

Para guru diperkenalkan bagaimana cara menggunakan materi yang tersaji dalam EDDU dan melakukan praktik secara langsung terkait materi-materi yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi ceramah, diskusi, praktik penyiapan skenario pembelajaram, dan simulasi.  Pembelajaran yang dilaksakanan secara daring dapat berjalan seperti yang diharapkan, pengajar harus dapat menyiapkan pembelajarannya dengan memilih metode yang sesuai untuk pembelajaran daring baik sinkronus maupun asinkronus. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah bagaiaman pengajar dapat memanfaatkan media digital baik dari berbagai platform yang sudah dikenal selama ini. 

Pembelajaran EDDU ini dikembangkan Goethe Institut tersebut menghasilkan model-model pembelajaran yang memanfaatkan baik media digital maupun media sosial yang saat ini banyak dimanfaatkan di masyarakat.  Materi yang disajikan di dalam EDDU merupakan materi bahasa Jerman yang sesuai dengan mater-materi pada silabus kurikulum 2013 untuk matapelajaran Bahasa Jerman di SMA dan MA. Oleh sebab itu materi yang disajikan di EDDU memberi alternatif dan variasi bagi guru bahasa Jerman untuk menyiapkan pembelajaran secara daring. 

Dalam pelatihan ini, para peserta diajak melakukan refleksi untuk mengetahui apakah kegiatan yang dilakukan menarik dan bermanfaat untuk penyiapan pembelajaran bahasa Jerman di kelas masing-masing. Para guru menyatakan bahwa pelatihan sejenis dapat memberikan banyak wawasan baru dan ide yang selama ini belum terlintas di benak mereka, misalnya bagaimana memanfaatkan fungsi media sosial whatshapp, Facebook, instagram, lines, dan telegram sebagai media pembelajaran yang menarik dan dekat dengan kehidupan siswa.

Sebagai salah satu kegiatan pengabdian masyarakat, pembelajaran EDDU ini diharapkan mampu membantu untuk para guru bahasa Jerman khususnya di Malang raya menjadi agenda rutin dari Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.