Pendidikan

Ratusan Pelajar SMP Bustanul Makmur Dilatih Kepekaan Permasalahan Kelestarian Alam

Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:19
Ratusan Pelajar SMP Bustanul Makmur Dilatih Kepekaan Permasalahan Kelestarian Alam Para pelajar SMP saat mengikuti kegiatan pengenalan alam. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Ratusan pelajar dari SMP Bustanul Makmur Banyuwangi dilatih kepekaan terhadap permasalahan kelestarian alam dan lingkungan.

Hal ini diwujudkan dalam pembelajaran secara langsung di alam terbuka dalam program Educamp yang berlokasi di Wisata Hutan Pinus Songgon, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Manajemen Wisata Hutan Pinus Songgon Banyuwangi, Yusuf Sugiono mengatakan pada agenda ini bukan hanya diberikan pemahaman tentang berbagai jenis tumbuhan, namun juga cara perawatan hingga penyelesaian permasalahan dalam menjaga kelestarian alam.

SMP Bustanul Makmur Banyuwangi 5

"Adik-adik dari SMP Bustanul Makmur ini kita berikan edukasi tentang bagaimana mencintai lingkungan, sehingga mereka juga ikut berpartisipasi dalam menjaga dan merawatnya," kata Yusuf Sugiono, Rabu (27/10/2021).

Lanjutnya, kegiatan yang merupakan program dari lembaga pendidikan SMP terbaik di Kabupaten Banyuwangi ini merupakan langkah yang sangat inspiratif. Mengingat untuk menjaga keberlangsungan ekosistem alam merupakan tanggung jawab dari setiap orang yang harus dibiasakan sejak dini.

"Kita sangat senang karena SMP Bustanul Makmur bisa mengarahkan pembelajaran berbasis alam yang nantinya akan sangat berguna dalam upaya meningkatkan kepedulian kelestarian lingkungan di Kabupaten Banyuwangi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia Educamp SMP Bustanul Makmur, Hudi Santoso menyampaikan pihaknya ingin memberikan pengalaman baru dalam proses belajar siswa-siswinya. Baik melalui nuansa yang berbeda hingga berbagai kegiatan yang menambah wawasan para peserta didik.

"Ini merupakan bentuk inovasi pembelajaran di masa pandemi, hal ini juga pengembangan dari kegiatan sebelumnya yang pernah kita lakukan yakni Homestay yang merupakan program terjun langsung ke masyarakat di daerah terpencil," ungkap Hudi Santoso.

SMP Bustanul Makmur Banyuwangi 6

Adapun dalam pelaksanaannya, para pelajar SMP tersebut akan diberikan pembelajaran mulai dari Tracking Science atau mengeksplor dan mengamati serta mengetahui jenis-jenis tumbuhan.

Selain itu mereka juga mendapatkan semi game Finding Treasure yakni para pelajar diminta untuk menemukan benda yang disembunyikan. Hingga ada pula Geographical Site yakni menjelajahi potensi alam yang ada di Wisata Hutan Pinus Songgon.

Pihaknya berharap setelah adanya kegiatan Educamp dari SMP Bustanul Makmur Banyuwangi ini bisa membangkitkan rasa percaya diri para siswa-siswi. Hingga munculnya sikap kritis terhadap lingkungan sekitar bisa lebih tajam. (*)

Pewarta : Riswan Efendi (MG-307)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.