Pendidikan

Kunjungi Perusahaan Kelas Atas, Smamda Surabaya Selenggarakan FISA Virtual X

Rabu, 27 Oktober 2021 - 19:13
Kunjungi Perusahaan Kelas Atas, Smamda Surabaya Selenggarakan FISA Virtual X Petugas Layanan Informasi BATAN saat memberikan materi kepada audiens FISA Virtual 2021. (FOTO: Masitha Gemilang /PWMU.CO)

TIMES JATIM, SURABAYA

SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya senantiasa memberikan upaya peningkatan kualitas peserta didik dalam pembelajaran akademik melalui salah satu kegiatanya yaitu Field Trip Study Activities (FISA) Virtual X yang dimana kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas – X tahun pelajaran 2021/2022.

Kegiatan yang diikuti oleh 343 siswa yang terdiri dari siswa kelas X Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tersebut dilaksanakan melalui kolaborasi dengan beragam macam disiplin ilmu atau mata pelajaran.

Serta, menghadirkan beragam pemateri dari perusahaan kelas atas yang diantaranya: Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), Bank Syariah Indonesia (BSI), PT Yakult Indonesia Persada, dan Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Kepala Sekolah Smamda Surabaya, H. Astajab, S.Pd., M.M  dalam sambutanya menyampaikan bahwa acara yang berlangsung secara virtual tersebut, dilaksanakan dalam rangka memberi pengetahuan kepada para siswa-siswinya mengenai beragam aktivitas di dunia Industri. Sehingga, diharapkan mampu menginspirasi bagaimana cara berpartisipasi dalam pengembangan dunia usaha maupun dunia industri.

“Dan dari sini, anak-anak juga akan terinspirasi kalau kemudian ingin mengembangkan beragam hal di dunia industri, maka kalian harus menyiapkan sejak dini atau mulai sekarang," ujarnya, Rabu (27/10/2021). 

"Atau kira-kira, nanti ketika kuliah, kalian harus mengambil jurusan apa, fakultas apa maupun universitas apa yang tepat untuk berkembang dalam dunia usaha atau dunia industri tersebut,” lanjut Astajab. 

Senada dengan Astajab, Ketua FISA Virtual 2021, Helmi Agus Zuhri mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas para siswa khususnya dalam pembelajaran akademik. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan dunia usaha, terutama dunia industri.

“Kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada siswa tentang dunia industri yang sedang berkembang saat ini,” ujar Agus.

Kegiatan FISA Virtual X yang mengusung  tema: Designing Future Success By Virtual Industries Visits tersebut, dilaksanakan melalui kunjungan secara virtual oleh seluruh siswa kelas X ke kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Yakult Indonesia Persada.

Kemudian, dilanjutkan dengan kunjungan ke BATAN oleh 259 siswa MIPA serta kunjungan ke Bank Syariah Indonesia (BSI) yang diikuti oleh siswa IPS sebanyak 84 siswa melalui Zoom dan live YouTube smamda.id.

Sebelum kegiatan dimulai seluruh peserta diberikan e-modul agar senantiasa berperan aktif selama kegiatan berlangsung.

Serta, para siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi saat sesi tanya jawab dengan narasumber.

Salah satu siswa Smamda Surabaya kelas X MIPA 5, Valerian Yassar Aghazy mengungkapkan kesan bahagianya selama mengikuti seluruh kegiatan FISA Virtual X.

“Saya kasih bintang lima buat Smamda. Alhamdulillah seru kegiatannya. Kita bisa mendapatkan informasi tentang menjaga kesehatan, tentang nuklir, dan saham. Seru banget.” sampainya dengan nada riang. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.