Pendidikan

Masuk Top 12 Startup Kewirausahaan EWC, Siswa MAN 1 Jombang Raih Hadiah Rp 75 Juta

Selasa, 03 Agustus 2021 - 16:36
Masuk Top 12 Startup Kewirausahaan EWC, Siswa MAN 1 Jombang Raih Hadiah Rp 75 Juta Pamflet Entrepreneurship World Cup (EWC) secara virtual di Jakarta yang di ikuti oleh Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (17) siswa MAN 1 Jombang (Foto: Alfath for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (17) siswa MAN 1 Jombang, Jawa Timur terpilih dalam finalis nasional kompetisi bisnis pemula terbaik Top 12 Startup Entrepreneurs yang diselenggarakan oleh Entrepreneurship World Cup (EWC) secara virtual di Jakarta, Jumat (23/7/2021) lalu.

Masuk Top 12 Startup Kewirausahaan EWC, Siswa berprestasi ini, berhak memperoleh hadiah berupa uang pembinaan berbentuk credit $5000 dalam bentuk layanan AWS. Jika diuangkan dalam mata uang Indonesia sebesar Rp 75 Juta.

Acara grand final EWC Indonesia dibuka oleh Pendiri ASEAN Youth Organization, Senjaya Mulia dan perwakilan The Global and Leaderships Foundation, Ekaterina Leonenkova. Kegiatan prestisius ini dihadiri juga oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Senjaya mengucapkan ucapan selamat kepada para finalis yang lolos melanjutkan ke babak penyisihan akhir sebelum mereka mewakili Indonesia di kompetisi tingkat ASEAN dan tingkat dunia.

Entrepreneurship World Cup virtual 2Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa saat mempresentasikan karyanya dalam acara EWC secara virtual (Foto: Tangkap layar)

Juri dalam kompetisi ini yaitu Goh Yiping Partner of Quest Ventures, Elvin Zhang Director FoF & Venture Investments of Sinar Mas Financial Holdings, dan Ivan Sandjaja Managing Director of Global Entrepreneurship Network (GEN) Indonesia.

Sandiaga Uno menegaskan startups telah meningkatkan produktivitas ekonomi melalui inovasi dan meningkatkan inklusivitas untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), membuka potensi budaya dan alam yang belum tereksplor, dan juga meningkatkan kekuatan kompetisi kita di kancah regional maupun internasional.

Sandiaga Uno pun mengaku senang karena kegiatan ini berjalan seiring dengan program pemerintah yang bertujuan untuk mengenalkan usaha startup Indonesia ke internasional. Sandiaga mengucapkan terima kasih kepada para finalis.

"Terima kasih kepada finalis, terima kasih Flemmo musisi muda," ucapnya dalam sambutannya.

Flemmo sapaan akrab Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa ini merupakan musisi muda berbakat yang masih duduk di kelas XII Bahasa MAN 1 Jombang. Ia mulai aktif memproduksi musik digital sejak duduk di bangku SMP.

Awalnya, ia belajar komposisi musik klasik secara autodidak melalui channel YouTube sejak kelas 6 SD. Kini, Flemmo ahli dalam komposisi musik, perekaman suara, audio engineering, sound design, mixing, dan mastering untuk menghasilkan suara sesuai yang diinginkan.

Flemmo Enterprise Music merupakan bisnis individu yang berfokus pada produksi musik digital dengan memadukan berbagai genre dan menuangkan berbagai kisah inspiratif ke dalam lagu-lagunya.

Flemmo Music mengintegrasikan konsep suara yang detail untuk membangkitkan perasaan atau emosi sehingga pendengar berimajinasi seolah mereka tenggelam dalam suatu tempat, waktu, situasi, dan suasana imajiner.

Album Flemmo beraliran Instrumental-Orchestra Dynamic (2021) dan The Beginning of Us (2020) tersedia di streaming utama Spotify, YouTube, Apple, Amazon, Deezer, dan platform musik digital lainnya.

Flemmo juga aktif mengikuti kegiatan internasional lain di antaranya Istanbul Youth Summit (IYS) 2021 di Turki, Global Anthem Competition untuk Youth for Understanding (YFU), dan Yale Young Global Scholars (YYGS Connect), UNESCO Youth Multimedia Competition dan UNESCO Center for Peace International Model United Nations (IMUN) Conference.

"Saya menciptakan jingle lagu Istanbul Youth Summit 2021 yang diselenggarakan di Turki pada 22-25 Maret 2021 lalu," kata Alfath, kepada TIMES Indonesia, Selasa (3/8/2021).

Dalam presentasi EWC, Flemmo memaparkan bahwa salah satu tantangan terbesar adalah pembajakan musik yang masih merajalela. Menurutnya, Pembajakan menghambat perkembangan industri musik di Indonesia.

Hal ini tentunya menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas produksi, penurunan apresiasi masyarakat terhadap musik, dan penurunan minat investasi di bidang ini.

"Pelaku industri musik optimis karena Kemenparekraf memberikan fasilitas perlindungan HKI sehingga dapat menekan pembajakan, menginisiasi pembentukan inkubator musik, membuka akses permodalan bagi industri musik, membangun ekosistem bisnis musik yang sehat, dan program lainnya," jelasnya.

EWC merupakan kompetisi bergengsi yang telah mendukung lebih dari 300 ribu pengusaha dari 200 negara dan menyediakan hadiah uang tunai hingga 2 juta USD kepada para pemenang kompetisi ini. Tak hanya hadiah uang tunai, kompetisi ini juga menjadi ajang untuk saling berbagi informasi tentang pendanaan usaha dari para investor.

Sebagai Informasi, Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan yang lengkap dari pusat data secara global.

Jutaan pelangga termasuk beberapa startup dengan pertumbuhan tercepat, perusahaan terbesar, dan lembaga pemerintah terkemuka menggunakan AWS untuk memangkas biaya, menjadi lebih sigap, dan berinovasi lebih cepat.

AWS secara signifikan memiliki lebih banyak layanan, dan lebih banyak fitur dalam layanannya, dibandingkan penyedia cloud lainnya, mulai dari teknologi infrastruktur seperti penghitungan, penyimpanan, dan database hingga teknologi yang berkembang.

Hal itu di antaranya pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, data lake dan analitik, dan Internet of Things. Ini membuat lebih cepat, lebih mudah, dan lebih hemat biaya untuk memindahkan aplikasi yang sudah ada ke cloud dan build hampir semua yang dapat dibayangkan.

AWS juga memiliki fungsionalitas terdalam dalam semua layananannya. Misalnya, AWS menawarkan ragam database paling luas yang dibangun untuk tujuan beragam jenis aplikasi sehingga dapat memilih alat yang tepat untuk pekerjaan tersebut untuk mendapatkan biaya dan kinerja terbaik.

Layanan AWS tersebut menjadi hadiah untuk Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (17) siswa MAN 1 Jombang, Jawa Timur yang terpilih dalam finalis nasional kompetisi bisnis pemula terbaik Top 12 Startup Entrepreneurs oleh EWC. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.