Pendidikan

Dukung Energi Terbarukan, SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik Manfaatkan Panel Surya

Jumat, 22 Januari 2021 - 16:55
Dukung Energi Terbarukan, SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik Manfaatkan Panel Surya Kepala Sekolah Hari Widianto saat acara milad SMA Muhammadiyah 10 GKB (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, GRESIK – Sebagai upaya mendukung energi terbarukan, salah satu sekolah di Kabupaten Gresik Jawa Timur yakni SMA Muhammadiyah 10 GKB memanfaatkan panel surya untuk pembangkit listrik.

Salah satu sekolah favorit di Kota Pudak ini meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) panel surya. PLTS dengan 76 panel yang mampu menghasilkan energi 25 kWp tersebut diresmikan Anggota DPR RI Prof. Zainuddin Maliki, Jum'at (22/1/2021). 

Kepala SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik Hari Widianto mengatakan, pihaknya mengaku senang dan bangga atas dukungan berbagai elemen. Khususnya, Kementerian ESDM dalam mendukung sekilahnya mengembangkan PLTS.

"Yang diharapkan bisa mendukung penelitian energi dan nano material. Ini semua menegaskan sebagai sekolah riset, sekaligus kepedulian kami dalam menekan produksi emisi karbon dioksida. Targetnya PLTS ini mampu menghemat 20 persen tagihan listrik," katanya.

Lebih lanjut, Hari mengungkapkan, pada tahun ini sekolahmya telah menorehkan banyak prestasi, yakni 14 prestasi karya ilmiah ditingkat nasional dan 2 prestasi ditingkat Internasional.

Untuk itu pihaknya terus mendorong para siswa mengembangkan penelitian-penelitian ilmiah. Bahkan, Smamio dikenal sebagai sekolah riset yang diperkuat dengan adanya pembimbing yang kompeten dibidang penelitian. 

"Sekolah riset ini bertujuan membentuk siswa-siswa yang mandiri, bertanggung jawab, jujur, berjiwa peneliti dan mampu menganalisis setiap permasalahan lingkungan sosial dengan baik," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir meminta, agar menjadikan milad sebagai momentum untuk peningkatan kualitas dan menjadikan sma yang unggul berkemajuan. 

"Dari sekolah ini semoga muncul kader-kader yang memberi peran yang terbaik baik bagi lingkungan dan umat serta bangsa diranah global ditenggah kompetisi dan perubahan seperti saat ini," ungkap Prof. Haedar saat menyampaikan sambutan Milad secara virtual. 

Senada, Menteri PMK Muhajir Effendy berharap dalam usianya ke-6 ini ke depan semakin tumbuh dan berkembang serta mampu mencetak kader-kader yang mumpuni di bidang pengetahuan.

"Dan, kokoh di bidang karakter dan siap berkontribusi bagi bangsa," harapnya kepada SMA Muhammadiyah 10 GKB di Kabupaten Gresik yang memanfaatkan panel surya sebagai pembangkit listrik ini. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.