Pendidikan

Keren! Polbangtan Malang Berbagi Ilmu Investasi Saham

Selasa, 03 Agustus 2021 - 15:33
Keren! Polbangtan Malang Berbagi Ilmu Investasi Saham Suasana Webinar Investasi Saham, Minggu (1/8/2021). (FOTO: Polbangtan Malang)

TIMES JATIM, MALANGInvestasi saham adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh sebuah bisnis atau perusahaan di era globalisasi, tidak terkecuali bagi para petani millenial. Sehubungan dengan hal tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa Polbangtan Malang menyelenggarakan Webinar dengan tema “Prospek dan Peluang Investasi Saham Sektor Pertanian di Masa Pandemi, Minggu (1/8/2021). Antusiasme peserta online mengenai investasi saham ternyata sangat tinggi di dalam masa pandemi covid-19.

Webinar Investasi Saham ini sebagai media diskusi bagi para petani millenial maupun calon petani millenial dengan mendatangkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Dr. Ir. Minar Ferichani, MP (Dosen Prodi Agribisnis FP UNS) dan Febiansyah, AWP (Founder Fingram Indonesia). Webinar ini dilakukan secara online dan gratis, peserta tidak dipungut biaya sepeser pun.

Bagi para wirausahan muda pertanian, investasi saham menjadi penting sebagai bentuk penanaman modal dengan tujuan untuk mendanai keperluan dan mendukung jalannya ekonomi sehingga memberikan keuntungan. Cara yang tepat untuk melihat prospek dan peluanginvestasi saham tentunya akan berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha para wirausahawan muda pertanian.

polbangtan 2Direktur Polbangtan Malang Dr Setya Budhi Udrayana membuka Webinar Investasi Saham, Minggu (1/8/2021). (FOTO: Polbangtan Malang)

 Apresiasi atas kegiatan dan pemilihan topik webinar disampaikan Direktur Polbangtan Malang, Dr. Setya Budhi Udrayana, S,Pt, M.Si. Menurutnya, di era pandemi kondisi ekonomi bidang pertanian positif 15%. Terkait dengan topik prospek dan peluang investasi saham dalam webinar ini sangat relevan untuk dipelajari. 

"Jika di era pandemi masih bagus, apalagi di era setelah pandemi, artinya kita harus yakin dan optimis dunia pertanian adalah prospek yang sangat bagus untuk kita kerjakan,” ujar Uud, sapaan Setya Budhi Udrayana.

Bahkan, Dr. Ir. Minar Ferichani selaku pemateri pada webinar ini juga menjelaskan secara rinci megenai prospek dan peluang investasi saham. Selain itu, Minar menjelaskan mengenai 6 instrumen atau cara dalam investasi. Tak ketinggalan, Febiansyah selaku narasumber kedua juga membagikan tips dalam berinvestasi dan cara memilih saham.

“Tips investasi saham yaitu yang pertama gunakan uang dingin, kemudian fokus pada jangka panjang, dan terakhir pilih perusahaan berkinerja bagus”, ujar Febiansyah.

“Selain itu, cara memilih saham adalah dengan melihat profitabilitas, memilih yang memiliki resiko rendah (utang tidak terlalu besar), dan harga diskon (kinerja bagus tapi harga murah,” imbuhnya.

 Febiansyah juga mengimbuhkan kalimat motivasi yang ia kutip dari Warren Buffet “Warren Buffet berkata bahwa Kamu tidak perlu menjadi ilmuwan jenius untuk mulai berinvestasi. Berinvestasi bukanlang permainan dimana seseorang dengan 160 IQ mengalahkan orang lain dengan 130 IQ," ujarnya. 

Seiring dengan kegiatan tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong petani-petani muda untuk bergairah dan memiliki kreativitas mengelola sektor pertanian sehingga menghasilkan produk siap pakai. 

Tidak hanya itu, petani milenial yang agresif dalam dunia pertanian juga akan disupport oleh jajaran pemerintah. Indonesia merupakan negara besar yang memiliki sumberdaya alam (SDA) dan sumberdaya manusia (SDM) yang baik dan melimpah. 

"Kementan sendiri telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian, yaitu pertanian maju, mandiri, dan modern yang menjadi pedoman untuk bertindak cerdas, tepat, dan cepat, termasuk dalam mencetak regenerasi pertanian," katanya. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, petani harus mengetahui proses pertanian dari hulu sampai ke hilir. "Petani harus mengetahui proses dari mengolah lahan sampai packaging, bahkan penjualan. Hal ini akan menjadi nilai lebih buat petani," ujar Dedi. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.