Pendidikan

Juara 1 Lomba Perpustakaan se Jatim, SMAN 1 Gondanglegi Melaju ke Tingkat Nasional

Selasa, 22 Juni 2021 - 18:03
Juara 1 Lomba Perpustakaan se Jatim, SMAN 1 Gondanglegi Melaju ke Tingkat Nasional Juri Lomba Perpustakaan tingkat Nasional saat berfoto bersama usai menilai Perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi. (Foto : Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, MALANG – Prestasi membanggakan diraih SMAN 1 Gondanglegi, Kabupaten Malang, dengan berhasil meraih Juara 1 Lomba Perpustakaan se Jatimtingkat SMA.

Sehingga membuat SMAN 1 Gondanglegi melaju tingkat nasional dalam ajang yang sama yakni Lomba Perpustakaan tingkat SMA. Saat ini tengah dilakukan penilaian terhadap sekolah itu.

Kabid Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang, Ratna Indriyani mengatakan, saat ini SMAN 1 Gondanglegi tengah berjuang dalam penilaian Lomba Perpustakaan tingkat Nasional.

"Berkas sudah dikirim dan sekarang dalam penilaian Perpusnas RI," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Selasa (22/6/2021). Lebih lanjut dia mengatakan, ada beberapa kelebihan dari Perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi.

Sehingga membuat perpustakaan tersebut dapat menjuarai Lomba Perpustakaan se Jatim, SMAN 1 Gondanglegi dan saat ini sedang melaju ke lomba yang sama untuk Tingkat Nasional.

Dia menyebutkan beberapa keunggulan perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi diantaranya sudah terakreditasi A, serta memiliki ruangan perpustakaan yang luas. Sehingga pelayanan keperpustakaan kepada pelajar kian optimal.

Juri-Lomba-Perpustakaan-2.jpg

"Perpustakaan terdiri dari dua lantai yang dipergunakan untuk pelayanan. Selain itu juga multimedia, audio, visual serta ada tempat ibadah," kata Perempuan berhijab tersebut.

Selain itu kata Ratna, perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi juga telah menerapkan pencarian buku otomatis dengan menggunakan sistem teknologi inlistlite.

"Sehingga mempermudah pencarian buku yang sedang dicari oleh para pelajar," sebutnya. Tidak hanya itu kata Ratna, pengamanan Perpustakaan tersebut memiliki proteksi tinggi.

"Sistem pengamanan sangat memadai. Karena dilengkapi kamera pengawas maupun CCTV yang terhubung setiap saat untuk mengawasi tempat perpustakaan," ungkapnya.

Sedangkan beberapa pelayanan lainnya di Perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi dia menyebutkan ada tempat baca outdoor yang luas dan tempat pelayanan memadai.

Disamping itu, masih kata Ratna, perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi juga memiliki beberapa inovasi andalan yang menjadi kelebihan tersendiri ketimbang perpustakaan lainnya.

"Beberapa inovasi antara lain, mobil perpustakaan keliling, sepeda pustaka, gerobak keliling dan tong buku," terangnya. Semua inovasi ini, kata dia, untuk lebih mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat di sekitar sekolah.

Perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi itu juga disebutkannya sangat memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan layanan di tempat tersebut.

"Juga tersedia kursi roda bagi pengguna layanan perpustakaan di SMAN 1 Gondanglegi. Ini layanan khusus bagi penyandang disabilitas," tegasnya.

Semua inovasi yang ada di Perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi tersebut kata dia, murni kreatifitas dari para pelajar maupun peserta didik yang ada di sekolahan itu.

"Dengan berbagai inovasi dan keunggulan itu, kami mohon doa restu agar Perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi dapat tembus ke 6 besar pada lomba perpustakaan tingkat nasional," tuturnya.

Untuk meraih target tersebut, pihaknya juga terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada Perpustakaan SMAN 1 Gondanglegi yang Juara 1 Lomba Perpustakaan se Jatim dan saat ini tengah melaju ke tingkat nasional.

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.