Pendidikan

Cetak Lulusan Entrepreneur, UMM Teken MoU dengan Bank Muamalat

Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:56
Cetak Lulusan Entrepreneur, UMM Teken MoU dengan Bank Muamalat Penyerahan beasiswa yang diberikan oleh pihak Bank Muamalat Indonesia kepada UMM. (FOTO: Humas UMM)

TIMES JATIM, MALANGUniversitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggandeng Bank Muamalat untuk mencetak lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur muda.

Hal tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak yang ditandatangani pada Wisuda UMM ke 101 periode III pada Kamis (28/10/2021) di Dome UMM.

Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. menjelaskan bahwa proses pendidikan selama di kampus akan menjadi modal dalam menaklukkan kehidupan. Tidak hanya secara material tapi juga spiritual. Ia juga berpesan agar para wisudawan memiliki rasa tanggung jawab atas masa depan.

"Saudara-saudara juga harus terus mengeksplorasi ilmu. Tidak puas dengan yang dimiliki hingga bisa menyempurnakan kehidupan saudara," katanya.

pihak-Bank-Muamalat-Indonesia-kepada-UMM-2.jpg

Direktur Retail Bisnis Bank Muamalat Indonesia Purnomo B. Soetadi mengatakan bahwa Muamalat Training Center kini telah berubah menjadi Mu’amalat Institute. Nantinya, jika para mahasiswa tertarik dengan keuangan Syariah, mereka bisa mengikuti pembinaan yang Muamalat Institut sediakan.

"Semoga dengan adanya MoU ini bisa mengembangkan skill entrepreneur muda berbasis syariah yang dimiliki para mahasiswa UMM," tuturnya.

Komisaris Utama Bank Muamalat Indonesia Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, MBA., mengatakan bahwa wisuda kelulusan universitas merupakan salah satu keberhasilan dalam kehidupan dan menuntun pada fase baru kehidupan.

Ilham Akbar mengatakan bahwa Bank Muamalat memiliki tiga fokus dalam transformasi digital. Pertama, Customer First yang melahirkan aplikasi mobile banking. Layanan aplikasi ini tentu memiliki kemajuan di bidang teknologi. Selanjutnya, digitalisasi operasional yang memudahkan layanan bagi para nasabah.

pihak-Bank-Muamalat-Indonesia-kepada-UMM-3.jpg

Menariknya, layanan ini juga sudah berbasis IT. Terakhir, transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) yakni bagaimana manusia harus memahami teknologi dengan baik serta resiko yang diterima.

"Dengan adanya tiga fokus tersebut, tentu kami ingin bisa menjadi pihak yang mampu mentransformasikan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi secara digital," imbuhnya.

Wisuda tersebut juga dihadiri oleh Prof. KH. Saad Ibrahim, M.Ag selaku Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Ia menceritakan bahwa Prof. Habibie adalah ilmuwan terbesar yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Menurutnya, ada dua aspek utama yang ada dalam diri Habibie. Aspek pertama adalah intelektualitas yang bisa dilihat melalui karya dan temuannya. Kemudian adapula sisi spiritual yang juga menjadi sisi menarik darinya.

"Kedua aspek tersebut harus menjadi bekal bagi para wisudawan agar bisa mendapatkan keberhasilan di dunia dan akhirat. Saudara juga harus senantiasa mengandalkan Allah dan menetapkan arah hidup kepada Allah," tegasnya di wisuda UMM bersama Bank Muamalat. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.