Pendidikan

KGBN Tuban Kuatkan Kompetensi Guru di Temu Pendidik Nusantara

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 14:46
KGBN Tuban Kuatkan Kompetensi Guru di Temu Pendidik Nusantara Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban saat memberikan sambutan dalam acara TPN 9. (Foto: Ikhwan Fahrudin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, TUBANKomunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Tuban menyelenggarakan kegiatan Temu Pendidik Nusantara (TPN) 9. Acara ini berlangsung selama dua hari, 6-7 Agustus 2022. Kegiatan bertempat di MTs Negeri 1 Tuban yang dilaksanakan secara hybrid, yaitu daring dan luring, dengan jumlah peserta sekitar 200 orang.

Kegiatan TPN ini didukung penuh oleh Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban sebagai instansi induk guru-guru di sekolah/madrasah di Kabupaten Tuban. Plt. Kepala Dinas Pendidikan Abdul Rakhmat hadir menjadi nara sumber di hari Sabtu, 6 Agustus 2022. Sedangkan H. Munir Kepala Kantor Kemenag dijadwalkan menjadi keynote speaker pada hari Minggu esoknya.

TPN 9 ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Tuban termasuk satu di antara 50 kabupaten/kota yang terpilih sebagai tuan rumah. TPN ini dikemas dalam bentuk konferensi pendidikan yang melibatkan kepala sekolah, guru, praktisi, bahkan murid, untuk belajar dan berbagi praktik baik terkait pembelajaran atau manajemen sekolah.

Dinas-Pendidikan-Kabupaten-Tuban-2.jpg

TPN ini mengusung tema besar yaitu "Kurikulum yang Memberdayakan Konteks". Terbagi dalam dua kelas, berupa Kelas Kemerdekaan dan Kelas Kompetensi. Ada 15 topik kompetensi terkait Merdeka Belajar yang dipelajari dari kedua kelas tersebut. Nara sumber dari kelas ini adalah para guru penggerak KGBN Tuban.

Ketua KGBN Tuban, Eva Septiana Rahayu dalam sambutannya menyampaikan bahwa KGBN lahir karena berangkat dari kebutuhan bersama, agar guru mau terus bergerak untuk memahami kebutuhan belajar murid. Menurutnya, guru yg baik adalah guru yang secara sadar terus belajar mengembangkan kompetensinya, tuturnya.

Eva menambahkan selain mengajar, TPN juga memfasilitasi kelas karier. Guru yang memiliki kompetensi sebagai pendongeng, penulis, kreator konten, dan keterampilan lain dapat bergabung di kegiatan ini, jelas Kepala sekolah ini.

"Puncak dari kegiatan TPN 9 ini akan berlangsung di ibukota dan diikuti oleh peserta lebih dari 20 negara," ujar Eva.

Kepala MTs Negeri 1 Tuban, H. Ali Maghfur berterima kasih kepada KGBN Tuban atas kepercayaannya menjadikan MTs Negeri 1 Tuban sebagai tuan rumah kegiatan TPN ini. Ali Maghfur berpesan kepada para guru agar terus bergerak dan belajar demi kemajuan murid di masa mendatang.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Abdul Rahmat, sekaligus mewakili Bupati Tuban menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi KGBN Tuban yang terus bergerak dalam memberdayakan dan meningkatkan kompetensi guru-guru di Tuban, katanya.

Rahmat berpesan agar dalam mengajar, guru tidak hanya mengejar ketuntasan materi, tetapi juga melatihkan kompetensi. Guru juga harus terus belajar meningkatkan kompetensinya bukan hanya untuk memenuhi tuntutan kurikulum saja, tetapi juga bentuk perwujudan jatidiri telah memilih secara sadar profesi menjadi guru.

"Guru tidak boleh alergi terhadap setiap perubahan, termasuk dengan hadirnya kurikulum baru merdeka belajar. Guru diharapkan mengubah mindset lama ke paradigma baru," tegasnya.

Rakhmat tegaskan perlunya terus memperbaiki proses pembelajaran agar selalu berpihak pada murid, menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, menghapuskan diskriminasi, demi terwujudnya profil pelajar Pancasila. (*)

Pewarta : Ikhwan Fahrudin (MG-356)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.