Pendidikan

Unej dan Polije Sinergi Kembangkan Pendidikan di Besuki Raya

Kamis, 06 Mei 2021 - 15:57
Unej dan Polije Sinergi Kembangkan Pendidikan di Besuki Raya Rektor Unej, Iwan Taruna (kanan) bersama koleganya, Direktur Polije, Saiful Anwar menandatangani MoU, Kamis (6/5/2021). (Foto: Humas Unej for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBER – Universitas Jember bersama Politeknik Negeri Jember sepakat bersinergi mengembangkan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di wilayah Besuki Raya. Komitmen ini disampaikan oleh Rektor Unej, Iwan Taruna bersama koleganya, Direktur Polije, Saiful Anwar di sela-sela kegiatan penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) di gedung rektorat Universitas Jember, Kamis (6/5/2021).

Menurut Iwan Taruna, kedua institusi pendidikan tinggi terkemuka di Jember ini memiliki keunggulan masing-masing yang jika dipadukan maka akan mampu memajukan pendidikan di wilayah Besuki Raya atau Tapal Kuda yang terbentang dari Pasuruan hingga Banyuwangi. 

“Universitas Jember dan Polteknik Negeri Jember memiliki keunggulan masing-masing, misalnya Universitas Jember di bidang riset sementara kawan-kawan di Politeknik Negeri Jember dengan aplikasi riset di lapangan melalui penguasaan keahlian terapan. Begitu juga dengan bentuk-bentuk kerja sama saling mengisi di berbagai bidang lainnya. Apalagi Universitas Jember dan Politeknik Negeri Jember juga memiliki kampus di beberapa kota lainnya di Besuki Raya yang secara tidak langsung telah menggerakkan kehidupan sosial ekonomi di masing-masing daerah. Oleh karena itu penandatanganan MoU kali ini menjadi momentum untuk memajukan pendidikan tinggi di wilayah Besuki Raya,” ujar Iwan.

Iwan Taruna menambahkan, penandatanganan kerja sama juga dinilai strategis, mengingat Universitas Jember juga masih mengelola beberapa program studi vokasi sehingga dapat belajar dari pengalaman Politeknik Negeri Jember.

Unej-2.jpgJajaran Unej dan Polije berdiskusi santai usai penandatanganan MoU. Kerja sama meliputi pengembangan pendidikan di Besuki Raya. (Foto: Humas Unej for TIMES Indonesia)

“Sesuai arahan dari Kemendikbud Ristek maka dalam waktu dekat semua program studi vokasi di Universitas Jember akan diwadahi dalam bentuk sekolah vokasi. Kami sudah merencanakan kampusnya seluas kurang lebih 15 hektare di daerah Jubung, lengkap dengan fasilitas praktek, dan asramanya,” imbuh Iwan Taruna yang pagi itu didampingi Wakil Rektor II, Wakil Rektor III dan Kepala Biro III Universitas Jember.

Sementara itu menurut Direktur Polteknik Negeri Jember, sebenarnya dalam keseharian kerja sama antara dua pihak sudah terjalin lama.

Apalagi Politeknik Negeri Jember memiliki kedekatan historis dengan Universitas Jember.

Namun dengan adanya penandatanganan naskah kesepahaman ini maka diharapkan jalinan kerja sama akan lebih baik lagi.

Beberapa bidang kerja sama yang sudah direncanakan oleh Politeknik Negeri Jember misalnya ingin menggali pengalaman Universitas Jember di bidang penjaminan mutu, pengelolaan Satuan Pengawas Internal, dan bidang lainnya. 

“Politeknik Negeri Jember ini lahir dari Universitas Jember, jadi sudah sewajarnya jika kami memperkuat jalinan kerja sama yang sudah ada. Jika perlu nanti ada jembatan yang menghubungkan antara kedua kampus agar lebih memudahkan bagi dosen dan mahasiswa dalam bekerja sama,” canda Saiful Anwar yang disambut tawa para hadirin.

Dalam kesempatan kunjungan ke Unej dirinya didampingi semua wakil direktur di Polije. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.