TIMES JATIM, SURABAYA – Menjawab berbagai tantangan nyata yang dihadapi bisnis keluarga di Indonesia, Universitas Ciputra (UC) meluncurkan Family Business Center yang bersamaan dengan kegiatan Parent Gathering mahasiswa Guild Family Business, Sabtu (14/6/2025) di New Life, Ciputra World Surabaya.
Direktur UC Family Business Center, Teddy Saputra menyebut, masalah komunikasi, konflik internal, hingga ketiadaan perencanaan suksesi menjadi batu sandungan yang kerap menghambat keberlangsungan bisnis keluarga.
“Kami melihat bahwa banyak anak ingin melanjutkan bisnis keluarga, dan orang tua pun berharap hal itu terjadi. Tapi keinginan saja tidak cukup. Ada jurang komunikasi yang harus dijembatani. Itulah mengapa kami hadir dengan pendekatan yang menggabungkan edukasi, pendampingan, dan penguatan relasi keluarga,” jelas Teddy.
UC, tidak hanya fokus pada pengelolaan perusahaan, namun juga pada pengelolaan hubungan keluarga dalam konteks bisnis. Salah satu bentuk pendekatan unik adalah pelibatan orang tua dalam proses perkuliahan, dua kali secara tatap muka dan tiga kali secara daring, dengan metode pembelajaran yang disesuaikan.
“Ada formula rahasia yang kami kembangkan seperti instruksi pembelajaran bermakna, dan metode-metode ini telah terbukti membantu ratusan mahasiswa kami,” ungkapnya.
Peluncuran ini, lanjut Teddy, juga menandai dibukanya akses program UC Family Business Center untuk publik, khususnya para pelaku bisnis keluarga dari berbagai wilayah di Indonesia.
Dengan dukungan dari korporasi besar seperti Kawan Lama dan Samudra Indonesia, serta kolaborasi dengan universitas luar negeri dari Jepang dan Tiongkok, pusat ini memiliki visi untuk memperkuat fondasi bisnis keluarga lintas generasi.
“Di balik bisnis keluarga yang hebat, ada pendampingan yang kuat. Kami percaya, bisnis keluarga Indonesia akan menjadi lebih kuat jika mampu menyatukan strategi bisnis yang cerdas dengan keharmonisan relasi antar generasi,” tutur Teddy.
UC Family Business Center menawarkan layanan komprehensif seperti pelatihan generasi penerus, asesmen kesiapan suksesi, penyusunan Family Constitution, forum diskusi antar generasi, hingga program inovatif seperti Fambus Speed Dating dan Voice of the Heart Card yang membantu orang tua dan anak saling memahami peran masing-masing dalam bisnis dan keluarga.
"Lewat peluncuran ini, Universitas Ciputra membuka ruang belajar, dialog, dan transformasi agar bisnis keluarga di Indonesia tidak hanya bertahan, tetapi juga diwariskan dengan penuh nilai, harmoni, dan keberlanjutan," tandasnya. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Perkuat Bisnis Keluarga Lintas Generasi, Universitas Ciputra Hadirkan Family Business Center
Pewarta | : Siti Nur Faizah |
Editor | : Deasy Mayasari |