Pendidikan

Mahasiswa Unigoro dan Unirow Tuban Sukseskan Program OVOP di Wukirhajo

Senin, 08 Agustus 2022 - 10:43
Mahasiswa Unigoro dan Unirow Tuban Sukseskan Program OVOP di Wukirhajo Pelatihan mahasiswa ke masyarakat di Desa Wukirharjo Parengan Tuban (Foto: Ikhwan Fahrudin/TimesIndonesia.co.id)

TIMES JATIM, TUBAN – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksankan Universitas Bojonegoro (Unigoro) dan Universitas PGRI Ronggolawe atau Unirow Tuban terus bergerak untuk kemanfaatan di desa.

Mahasiswa KKN dua kampus ini mengadakan program pengabdian masyarakat berupa berbagai macam pelatihan, seperti pelatihan pembuatan Nugget Jagung, pembuatan jamur dari bonggol jagung (jamur merang) dan pelatihan pembuatan Bouket.

Rangkaian kegiatan ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa. Terutama  untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan juga menambah pendapatan masyarakat sekitar. Pelatihan ini disinkronkan dengan program Bupati Tuban yaitu one village one product (OVOP).

Anang Bayu Wicaksono Ketua Kelompok 25 KKN Unigoro dan tim sebelumnya telah melakukan sebuah survey. Hasil dari survey tersebut lalu dimusyawarahkan bersama tim untuk membuat jenis pelatihan yang sesuai kebutuhan masyarakat, tuturnya Senin, (8/8/2022)

"Di Desa Wukirharjo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban banyak warga menanam komoditas jagung. Mayoritas hasil panen tersebut hanya dijual mentahan tanpa adanya inovasi penambahan nilai jual," jelas Anang.

KKN-Desa-Wukirharjo-2.jpg

Pemuda ini melanjutkan, maka dari itu KKN kolaborasi ini memilih untuk mengadakan pelatihan yang identik dengan jagung. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat desa setempat, pemerintah Desa Wukirharjo, dosen pendamping dari Unigoro dan Unirow Tuban.

"Alhamdulillah dengan beragam jenis pelatihan yang telah kami laksanakan masyarakat Desa Wukirharjo sangat berantusias. Sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai harapan," kata Anang.

KKN Unigoro dan Unirow Tuban ini bertempat di Wana Wisata Prataan Parengan Tuban. Pelatihan ini sebagai ikhtiar bersama untuk menumbuhkan jiwa kreativitas generasi muda Desa Wukirharjo sehingga mampu membuka peluang usaha baru. (*)

Pewarta : Ikhwan Fahrudin (MG-356)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.