Pendidikan

Mahasiswa Sastra Jerman UM Terapkan Program Merdeka Belajar

Rabu, 04 Agustus 2021 - 12:57
Mahasiswa Sastra Jerman UM Terapkan Program Merdeka Belajar Kunjungan mahasiswa dan dosen Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang ke mitra magang PT GIP terkait program belajar merdeka. (foto: Sastra Jerman UM)

TIMES JATIM, MALANG – Mendukung kebijakan Program Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, kebudayaaan riset dan teknologi (Kemdikburistek), Universitas Negeri Malang (UM) mengembangkan program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di setiap program studi pada program sarjana.

Program itu terdiri dari tujuh program unggulan, yakni membangun desa/Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di sekolah, studi independen, dan penelitian. Selain itu, ada program kegiatan wirausaha, pertukaran pelajar, dan proyek kemanusiaan. Untuk mengikuti program tersebut, mahasiswa tinggal mendaftar dan memilih kegiatan sesuai keinginan mereka

Mahasiswa Sastra Jerman UM

Dewi Kartika Ardiyani, Sekretaris Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang mengatakan, Jurusan Sastra Jerman (JSJ) UM, yang terdiri dari program studi (prodi) Bahasa Jerman dan prodi Bahasa Mandarin juga turut berpartisipasi mensukseskan program tersebut.

"Diantaranya melalui kegiatan magang, KKN Tematik, dan asistensi mengajar di sekolah," kata Dewi kepada TIMES Indonesia, Rabu (4/8/2021).

Dewi menjelaskan, salah satu contoh kegiatan magang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa JSJ UM di PT Germany Indonesia Professionals (GIP) di Bekasi. PT GIP adalah sebuah perusahaan di bidang pendidikan yang berfokus pada program Bahasa, Akademis S1 & S2, Ausbildung, Pertukaran Budaya dan Travel Edukasi.

Mahasiswa Sastra Jerman UM b

Di perusahaan yang berdiri sejak tahun 2012 ini, mahasiswa peserta magang tersebar dalam beberapa divisi, yakni divisi Pengajaran dan Bahasa, divisi Administration and Business Development dan divisi Marketing. Peserta magang ikut serta dalam berbagai proyek yang digawangi oleh CEO PT. GIP, Alwien Parahita, M.Sc.

Kegiatan Merdeka Belajar oleh mahasiswa JSJ UM berikutnya adalah KKN Tematik. Salah satu KKN Tematik dilaksanakan di Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

"Dalam kegiatan KKN Tematik tersebut, mahasiswa anggota KKN melakukan pengabdian di kelurahan serta beberapa program kerja lainnya, seperti memperkenalkan Bahasa Jerman pada siswa Sekolah Dasar di lokasi tersebut," ucapnya.

Selain kegiatan magang di perusahaan dan KKN Tematik, mahasiswa JSJ UM juga melakukan kegiatan asistensi mengajar di sekolah yang memiliki matapelajaran Bahasa Jerman dan atau Bahasa Mandarin. Dalam kegiatan asistensi mengajar, mahasiswa melalui guru pamong belajar mempersiapkan dan mengelola pembelajaran. Mereka belajar membuat RPP, menyiapkan materi pembelajaran, serta praktek mengajar di kelas secara daring.

Dewi menambahkan, kegiatan Merdeka Belajar yang telah dilaksanakan JSJ UM ini diharapkan dapat berperan serta mendukung program Kemdikbudristek dalam upaya meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

"Program-program experiential learning dalam program Merdeka Belajar ini juga diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa Sastra Jerman Universitas Negeri Malang mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya," ucapnya. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.