Pendidikan

Peneliti MAN 1 Gresik Raih Medali Emas Indonesia Intervention Festival 2020

Jumat, 09 Oktober 2020 - 09:34
Anastesi Alami dari Kecubung Karya Siswa MAN 1 Gresik Diganjar Medali Emas Tim Peneliti MAN 1 Gresik. (Foto: Dokumentasi Kemenag)

TIMES JATIM, GRESIK – Lima siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Gresik, Jawa Timur berhasil meraih medali emas dalam ajang Indonesia Intervention Festival 2020. Penelitiannya tentang pembuatan anestesi alami untuk ikan dari biji bunga kecubung, mendapat predikat Most Active Interactive setelah menyisihkan 50 peserta dari dalam dan luar negeri.

Mereka adalah Ibrahim Al Khowwas  (Kelas X) selaku ketua tim, bersama empat anggota yang terdiri dari Maya Hasfhoh Nur Rohmatul Haq (Kelas XII), Siti Fathimatuz Zahro (Kelas XI), Agika Rahmah Putri (Kelas XI), dan Febi Auliyah Duwi Insani (Kelas XI).

“Prestasi ini berkah dan anugerah dari Allah Swt untuk keluarga besar Kementerian Agama (Kemenag) khususnya Kankemenag Gresik di tengah Pandemi Covid-19 ini. Kita harus meyakini bersama, khususnya para siswa Madrasah di Gresik, bahwa siswa Madrasah itu selalu eksis dan mampu bersaing di tengah kompetisi global dengan prestasi-prestasi yang gemilang,” kata Kankemenag Gresik Markus, Kamis (08/10).

Sementara Ketua Tim Peneliti Ibrahim Al Khowwas mengisahkan, awal ketertarikan membuat penelitian ini karena melihat banyaknya bunga kecubung yang menjadi tanaman liar di Gresik. “Karena tanaman ini tidak dimanfaatkan dengan baik, bahkan ada yang menggunakan untuk mabuk-mabukan, maka kami berinisiatif untuk meneliti buah kecubung itu,” tuturnya.

“Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih baik. Dari situ MAN 1 Gresik punya ide membuat obat anestesi (bius) alami untuk ikan dari biji kecubung ini muncul,” ucapnya. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.