https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Tim Abmas ITS Bantu Desain Kemasan Produk UMKM

Rabu, 03 November 2021 - 21:12
Tim Abmas ITS Bantu Desain Kemasan Produk UMKM Ketua Tim Abmas ITS menunjukkan desain kemasan untuk produk makanan UMKM, Rabu (3/11/2021). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Bagus tidaknya produk UMKM selain dinilai dari kualitas juga ditentukan oleh kemasan atau packaging agar produknya bisa laku di pasaran maupun menembus pasar ekspor.

Akan tetapi, pelaku usaha kecil menengah sering kesulitan membuat desain kemasan sehingga hal ini menjadi perhatian Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk membantu mereka.

Tak jarang pelaku UMKM gagal memasarkan produknya untuk pasar lokal hingga mancanegara disebabkan aspek pengemasannya kurang bagus atau kurang memenuhi standar yang disyaratkan.

Produk UMKM Tim Abmas ITS 2

Sebab, selain fungsi kemasan itu untuk melindungi produk di dalamnya sekaligus juga meningkatkan nilai jualnya.

Melihat kendala yang dialami pelaku UMKM tersebut, Tim Abmas ITS yang diketuai Sayatman, bersama rekan-rekan Dosen Departemen Desain Komunikasi Visual- Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (Creabiz) serta dibantu oleh Tim Mahasiswa ITS, sudah sejak tahun 1991 membantu membina dan mengembangkan desain kemasan produk usaha kecil menengah di seluruh Jawa Timur agar lebih memiliki daya saing dan bisa mengembangkan pemasarannya atau bahkan bisa menembus pasar ekspor.

"Berkecimpung membantu para UMKM memberikan bantuan mendesainkan merek dan kemasan khususnya di kabupaten/ kota di Jawa Timur ini sudah cukup lama, dan saat ini sedang membantu mitra UKM Makanan Camilan Tradisional di Surabaya dan Sidoarjo," kata Sayatman, Rabu (3/11/2021).

Sayatman bersama tim Abmas ITS membantu memberikan masukan, membina hingga mendesain merek dan kemasan untuk pelaku UMKM. Dia mengatakan, hal itu merupakan bagian bentuk pengabdian dirinya dan timnya kepada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Karena di satu sisi saya sebagai dosen memiliki tugas melaksanakan Tri Dharma begitu, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, dan memang itu sudah menjadi kewajiban setiap dosen di perguruan tinggi," ujar pria yang juga ketua Laboratorium Media Kreatif dan Digital di Departemen Desain Komunikasi Visual ITS.

Menurut Sayatman, seorang pelaku UMKM merupakan sosok hebat karena mereka tidak hanya memikirkan kemasannya saja, tapi harus memikirkan segalanya dari mulai proses produksi hingga pemasaran secara mandiri, namun karena kesibukan membuat produk, seringkali mereka kurang memperhatikan kualitas desain dan kemasan produknya.

Produk UMKM Tim Abmas ITS 3

"Tapi di sisi lain karena UMKM itu biasanya terlalu fokus ke produk akhirnya aspek kemasan itu agak terabaikan, padahal saya melihat kemasan itu punya kontribusi yang tidak sedikit dalam hal menaikkan nilai jual produk. Semoga kompetensi yang kami miliki di bidang desain dapat membantu para UMKM untuk memperbaiki dari sisi kualitas kemasan produknya, setidaknya dengan memperbaiki kualitas kemasannya mungkin mendongkrak nilai jual dan daya saing produk mereka," urainya.

Selama 20 tahun bergerak di bidang pengabdian masyarakat, dengan ketrampilan dan pengetahuannya Sayatman mengakui mempunyai kepuasan tersendiri saat ide dan gagasannya mendesainkan kemasan produk itu dipakai pelaku UMKM untuk meningkatkan nilai jual produknya.

"Sebenarnya ada kepuasan tersendiri dalam melaksanakan pengabdian masyarakat ini, karena melalui ilmu yang dititipkan Tuhan ke saya bisa dikontribusikan untuk membantu masyarakat khususnya produk UMKM, dan menjadi kepuasan tersendiri tatkala desain kita dipakai gitu meskipun itu hanya sebuah merek misalnya atau hanya sebuah packaging tapi mereka sangat terbantu dan sangat berterima kasih. Itu yang bikin saya puas," ujar Ketua Tim Abmas ITS tersebut. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.