https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Sinergikan Kebijakan , PPIU Jatim Koordinasi dengan Provinsi untuk Program YESS

Selasa, 04 Mei 2021 - 19:35
Sinergikan Kebijakan , PPIU Jatim Koordinasi dengan Provinsi untuk Program YESS Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana bersama narasumber dalam koordinasi Program YESS di Jawa Timur, Selasa (4/5/2021). (FOTO: Polbangtan Malang)

TIMES JATIM, MALANG – PPIU Jawa Timur mengundang lembaga pemerintah tingkat provinsi untuk melakukan koordinasi kerjasama yang bisa disinergikan dengan Program YESS. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 28 peserta yang berasal dari lembaga pemerintah tingkat provinsi dan kabupaten, balai pelatihan, perbankan, dan perwakilan duta petani milenial ini yang diselenggarakan di Hotel 1O1 Malang OJ, Selasa (4/5/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang), Dr Setya Budhi Udrayana menegaskan apa yang diberikan oleh program YESS harus sesuai dengan kebutuhan dan sesuai sasaran. 

YESS Polbangtan Malang 2Sebagian peserta diskusi kerjasama provinsi di Malang. (FOTO: Polbangtan Malang)

Ia juga berpesan agar seluruh tim di program YESS bisa terus meningkatkan kapasitas sesuai bidangnya masing-masing. 

Pada kesempatan yang sama, Project Manager PPIU Jatim, Acep Hariri berujar, untuk menyukseskan program YESS Kementerian Pertanian, diperlukan dukungan dari berbagai pihak diantaranya Bappeda, Dinas Pertanian, dan Perbankan.

Kegiatan tersebut menghadirkan 3 (tiga) narasumber yakni Kepala Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Perikanan, dan Kelautan Bappeda Provinsi Jatim, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, dan Kepala OJK Kota Malang.

Dr. Andhika P Herlambang, perwakilan dari Bappeda Provinsi Jatim memaparkan tentang Kinerja dan Inovasi Sektor Pertanian serta Pengawalan Program YESS di Jatim. Dalam paparannya ia menerangkan bahwa tantangan pertanian dan generasi milenial saat ini adalah pengembangan ekonomi digital di seluruh sektor, penguasaan teknologi pertanian terapan oleh milenial, pertanian pintar, dan start-up pertanian. 

Harapannya dari sinergi Kebijakan Program YESS dengan Kebijakan Pembangunan Pertanian Jatim adalah adanya pengembangan kawasan agropolitan, hulu-hilir Agro-Maritim dan program petik olah kemas jual, cooperative farming dan manajemen tanaman sehat, serta pengembangan kawasan pertanian berbasis korporasi petani.

YESS Polbangtan Malang 3Direktur Polbangtan Malang menyerahkan plakat kepada narasumber. (FOTO: Polbangtan Malang)

"Program YESS ini linier dengan program Gubernur Jawa Timur dalam Nawa Bhakti Satya, yakni Jatim Agro," ujarnya.

Sementara itu, Kepala OJK Kota Malang, Sugiarto Kasmuri memberikan materi tentang Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Generasi Millenial dan Tips Mencapai Financial Freedom.

Beberapa tips yang diberikan dalam koordinasi Program YESS tersebut adalah pahami keuangan, tentukan tujuan keuangan, cari sumber pendapatan lain, menabung dan investasi, lunasi hutang, dan persiapkan dana darurat. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.